Dalam dunia animasi, banyak yang memisahkan anime dari Jepang dan cartoon dari Amerika, akan tetapi menariknya di Jepang itu sendiri cartoon disamakan dengan anime, karena intinya keduanya sama-sama karya animasi. Dan bicara soal itu, seri Pokemon melakukan hal menarik baru-baru ini dimana mereka membuat anime pendek Pokemon tapi dengan gaya cartoon Amerika, membuatnya jadi seperti Pokemon Looney Tunes.

Yup, Pokemon anime tapi dengan tampilan yang bagaikan tribute atau homage untuk cartoon dari Amerika pada jaman dulu yang tak hanya mencakup Looney Tunes tapi juga cartoon Hannah Barbera macam Tom and Jerry dan banyak lagi. Dengan cocoknya, anime pendek diberi nama PokeToon, The Pokemon Cartoon Animation.

Anime PokeToon itu disutradai oleh Inoue Taku dan diproduksi Koie Yoshiyuki yang juga produser webanime Pokemon Twilight Wings, dan dirilis kemarin-kemarin untuk ditonton gratis di Youtube melalui channel Pokemon Kids TV, channel Youtube Pokemon yang diperuntukkan untuk anak-anak.

Judul dari PokeToon tersebut adalah Scraggy & Mimikyuu; Chase The Bean, yang sesuai dengan judul tersebut, dibintangi oleh Pokemon Scraggy dari game Pokemon generasi V Black & White, dan Mimikyuu dari game Pokemon generasi VII Sun & Moon. Walau ada perbedaan generasi, tapi Scraggy juga muncul dalam game Pokemon Sun & Moon, jadi memang memungkinkan bagi keduanya bertemu.

Mengisahkan Scraggy yang sedang berada dalam sebuah kereta dan memakan kacang-kacang yang ia temukan disitu. Tapi kemudian ia bertemu seekor Mimikyu yang keluar dari sebuah koper dalam kereta itu, yang terlihat menyukainya dan ingin bermain dengan Scraggy.

Bagi yang ingat cartoon Amerika jaman dulu dapat melihat para animatornya benar-benar mengerti tampilan cartoon tempo dulu, dengan gaya warna yang agak pucat dan buram pada background dan animasi proporsi dan ekspresi yang dinamik dan hyperbole.

Dan yang juga mengikuti gaya slapstick comedy cartoon jaman dulu adalah sama sekali tak ada dialog pada PokeToon tersebut, membuatnya dapat ditonton dan dimengerti oleh penonton bahkan dari luar Jepang dan Amerika.