Permainan kartu Pokemon kini secara resmi masuk dan dirilis di Indonesia, yang dapat dibeli di berbagai toko seperti Indomaret dengan harga yang lumayan terjangkau. Tapi bicara soal harga, apaka mina-san ada yang penasaran apa kartu Pokemon yang paling mahal? Nah pertanyaan itu terjawabkan baru-baru ini, dengan terjualnya sebuah kartu pokemon yang harganya sampai memecah rekor.

Kartu tersebut adalah kartu Pikachu Illustrator, sebuah kartu promo yang diberikan kepada pemenang dari kontes komik yang diadakan di Jepang pada tahun 1997. Kartu yang unik dengan nama kartunya yang bertuliskan ILLUSTRATOR dan tulisan Pokemon Illustrator dibawahnya dalam Katakana dan juga dengan ikon pen yang tercap pada bagian pojok kanan bawahnya.

Cocok dengan tema komikus/mangaka, kartu tersebut memiliki ilustrasi yang digambarkan oleh Nishida Atsuko yang menampilkan pokemon Pikachu yang ikonik yang sedang memegang pen dan kuas, dan ada juga pokemon Charmander yang jadi cameo dalam bentuk lukisan.

Dan baru-baru ini ditemukan kalau kartu tersebut kini telah menjadi kartu pokemon termahal dengan harga lelang selembar kartu itu di ZenPlus terjual dengan harga 25 juta Yen, atau jika diRupiahkan, harganya jadi sekitar… 3.4 Milyar Rupiah! Gileee dah..

Tapi sedikit trivia, sebenarnya kartu tersebut sudah memecah rekor pada tahun 2019 lalu, dimana sebuah kartu Pikachu Illustrator ditemukan berhasil terjual di Amerika Serikat dengan harga 195.000 Dollar! Atau jika dirupiahkan jadi sekitar 2.7 Milyar Rupiah. Membuat kartu itu memecah rekor untuk kedua kalinya di kampung asalnya.

Memang sih harga tersebut masih dibawah kartu Blue Eyes Ultimate Dragon dari seri Yu-Gi-Oh yang pada tahun 2018 lalu dikabarkan ada terjual sampai 45 juta Yen. Tapi setidaknya, kartu Blue Eyes Ultimate Dragon tersebut hanya ada satu-satunya di dunia.

Kartu Pikachu Illustrator itu sendiri, dikatakan pada awalnya dibuat sejumlah sekitar 39 lembar, tapi tentu dengan perjalanan waktu kelangkaannya semakin meningkat, apalagi dengan jumlah kartunya juga semakin sedikit, dengan diperkirakan kalau saat ini hanya ada sepuluh lembar kartu Pikachu Illustrator yang masih tersisa di dunia.