Jika kalian masyarakat awam mungkin tahu pekerjaan seperti pegawai negeri, pegawai bank, pengusaha d.l.l merupakan pekerjaan yang menjanjikan tapi tahukah kamu kalau masih banyak pekerjaan yang menjanjikan lainnya untuk dipilih sebagai career choice yang dijamin pasti menjanjikan banget.

Di jepang karir seperti Salaryman merupakan career choice yang umumnya banyak dipilih sebagai pekerjaan yang diinginkan. Namun jangan salah karena perkembangan animasi dalam negeri sakura ini sangat berkembang pesat, maka career choice yang kita anggap tak biasa di Indonesia yaitu segala bentuk karir dalam bidang animasi sangatlah diminati. dalam hal ini Seiyuu merupakan pekerjaan yang banyak peminatnya dengan gaji yang menjanjikan kedepannya.

Yup, pekerjaan sebagai pengisi suara ini sangatlah diminati karena selain bisa menyalurkan hobby bagi kalian yang suka dengan seni peran juga diimbangi dengan gaji yang WAHHH looh.. 😀

Seberapa besar sih gaji seiyuu di jepang??

gaji4

mamorecording

Dalam sebuah acara televisi seorang seiyuu yang menjadi bintang tamu dalam acara tersebut menuturkan bahwa terdapat beberapa level dalam gaji atau harga yang dipatok untuk gaji seiyuu. Level tersebut mulai dari level F hingga level A, namun diatas level A terdapat level No Rank. Level ini merupakan level dimana seiyuu sudah menetapkan sendiri harga yang ia patok yang lebih dari level A yang 20.000 yen, jadi seorang seiyuu bisa tuh matok harga hingga 30.000 yen lebih atau sekitar Rp. 3.400.000,- an,  tentunya untuk mencapai ke tahap ini memerlukan waktu dan pengalaman yang cukup, serta kepopuleran yang cukup.

Jadi semakin populer seiyuu tersebut maka harga yang dipatok akan semakin mahal untuk seiyuu mengisi suara di sebuah proyek. Eitsss… ini bukan gaji per satu anime lho, melainkan gaji seiyuu per episode nya! ajegile coba aja satu anime lebih dari 100 episode. Udah bisa beli rumah baru tuh, apalagi pasti dalam jangka waktu satu tahun sang seiyuu tidak mungkin hanya menggarap satu anime saja. Silahkan dikalikan sendiri ketebalan kantong mereka 😀 Tidak hanya itu, jenis proyek apa yang akan dilakukan juga mempengaruhi harga looh. di peringkat terbawah alias yang murah harganya ada “Youga” atau film-film barat. selanjutnya ada anime, pachinko dan game.

gaji1

1111

Maka dari itu, sesuai dengan hukum yang berlaku diatas, Game menjadi jenis proyek paling bernilai tinggi untuk seiyuu karena mengambil cukup banyak waktu saat proses recording. dan yah film-film barat yang masuk di Jepang umumnya akan di dubbing ulang menggunakan bahasa Jepang untuk memudahkan masyarakat Jepang saat menontonnya. Makanya pekerjaan sebagai seiyuu cukup banyak dan dibutuhkan banget bagi masyarakat Jepang. Dalam anime Shirobako misalnya bercerita tentang pembuatan animasi, juga menceritakan tentang pendapatan seorang seiyuu yang bisa lebih besar dari pada para animatornya looh.. waaahhh.. Bahkan di situs Matome pernah dibuat tentang seiyuu dengan penghasilan 70.000.000 Yen! Astaga… bahkan lebih besar dari penghasilan

gaji2

Selain itu seiyuu bisa menambah penghasilannya dari bidang lain seperti nyanyi, akting dalam sebuah teater, drama d.sb. penyiar radio dsb. seiyuu yang seperti ini dijuluki “idol seiyuu”. Aduduh, udah dapet duit dari isi suara, masih bisa ngantongin ceperan lagi dari konser-konser.

Mungkin menjadi seorang seiyuu memang cukup menjanjikan tapi perjuangan yang dihadipi juga tak kalah berat karena biaya untuk sekolah seiyuu sangat lah mahal, hal ini tak mengikis minat mereka untuk menjadi seiyuu. karena hasilnya pun akan seimbang sengan apa yang udah dikeluarkan. Asik kan. Nah, jika kamu juga tertarik dalam bidang ini, jangan putus asa dan terus perjuangkanlah mimpi kamu….  😀

gaji6

seiyu2

  • Syarief Ahmad Jauhar

    itu sapa yg foto pertama. seiyuu rambut pendek itu sape?