Apa yang ada di pikiran kalian kalo lihat cewek jepang yang giginya gingsul? gemas? Apalagi di saat tersenyum imoet banget yah hehe, Di Jepang, “yaeba”, atau “gigi gingsul”, seringkali memunculkan kesan positif dan lucu lho seperti saat melihat anak anjing yang lucu. Lain halnya di negara lain, bergigi gingsul seringkali disamakan dengan vampir dan terkesan menyeramkan, aneh yah padahal lucu ya. Oleh karena itu pemasangan kawat gigi pun seringkali dilakukan untuk menghilangkan gingsul. Dapat disimpulkan bahwa gigi gingsul merupakan bagian dari budaya yang unik di Jepang.

 

Beberapa artis seperti Tomomi Itano (ex-member AKB48), Kanako Momota (Momoiro Clover Z), Haruka Kudoh (Generasi ke-15 Morning Musume) dan Airi Suzuki (C-ute) merupakan gadis bergigi gingsul dengan senyum yang dianggap mempunyai senyum yang manis. Hal tersebut membuat banyak gadis belia di Jepang yang melakukan operasi untuk membuat gigi gingsul.

tomomi_itano

 

Dengan anggapan masyarakat seperti “mempunyai gigi gingsul membuat anda akan terlihat lebih manis” atau “senyum lebih manis dengan gigi gingsul”, popularitas gigi gingsul ini di jadikan sebagai asesori terus melonjak di jepang hingga saat ini lho. Pesona unik dari gigi gingsul seringkali dideskripsikan sebagai “wabi” atau “kecenderungan orang Jepang untuk mencari kecantikan di ketidaksimetrisan atau ketidaksempurnaan, dan gigi gingsul menjadi bagian dalam hal tersebut”.

gadis jepang

 

Walaupun di negara lain gigi gingsul dianggap hal yang buruk, di Jepang tumbuh pemikiran “gigi gingsul membuatnya lebih manis”. Ketika seseorang dengan wajah yang simetris mempunyai gigi gingsul, orang Jepang akan lebih cepat untuk melihat hal tersebut hal yang baik dan menguntungkan. Hal yang sama dengan bagaimana para wanita di Eropa pada abad pertengahan yang memakai korset 50cm menganggap dirinya cantik, gigi gingsul dianggap hal yang indah di Jepang sekarang. Gigi gingsul memang menjadi ciri khas wanita jepang tidak hanya terlihat menarik tapi juga membuat indah di pandang saat tersenyum. Tapi di indonesia gigi ginsul lebih kalah hits nya sama gigi behel yah wkwkwk ?