Sesuatu yang terasa menyedihkan jika ada sebuah kabar duka, apalagi kalau yang meninggal dunia adalah salah satu bagian dari kenangan masa kecil. Tapi walau kita ingin mereka terus hidup sampai umur panjang, dimana awal juga ada akhir. Dan mengikuti kepergian nama-nama yang berpengaruh dari masa kecil kita seperti penyanyi Wada Kouji dan aktor Noumi Tatsuya, kali ini co-founder Ghibli Takahata Isao meninggal dunia.

Takahata, yang lahir pada tanggal 29 Oktober 1935, adalah salah satu pendiri studio anime legendaris tersebut bersama dengan Suzuki Toshio, Tokuma Yasuyoshi, dan Miyazaki, dan telah menjadi sutradara dari banyak projek mereka. Walau kebanyakan fans anime dan Ghibli lebih kenal nama Miyazaki, tapi Takahata sendiri juga prolific, dan salah satu tenaga utama studio tersebut.

Ia yang menjadi sutradara dari film anime keren macam Tale of Princess Kaguya, Pom Poko dan Only Yesterday. Tapi karyanya yang paling dikenal dan sungguh mengguncang kokoro banyak penonton adalah film Grave of the Fireflies atau Hotaru no Haka. Sayangnya, kali ini ia juga mengguncang kokoro para fans anime dan Ghibli, tapi dalam kabar yang tragis.

Awalnya dikabarkan kalau Takahata meninggal pada tanggal 5 April kemarin di Tokyo. Dan penyebabnya dikatakan masalah kesehatan jantung sejak musim panas lalu, yang membuatnya banyak keluar masuk rumah sakit.

Akan tetapi, telah diberikan juga update baru dari produser dan co-founder Ghibli lain Suzuki Toshio, dan dari Nakajima Kiyofumi, presiden Studio Ghibli. Menurut Nakajima, dikatakan kalau Takahata meninggal pada jam 1:19 pagi di Rumah Sakit Universitas Teikyo karena kanker paru-paru.

Nakajima juga menambahkan kalau upacara pemakamannya hanya untuk keluarga dan kerabat dekat, dan keluarga Takahata dengan sopan menolak pesan dan hadiah duka. Tapi bagi para fans, studio Ghibli juga akan mengadakan acara perkumpulan perpisahan publik untuknya, yang diadakan pada tanggal 15 Mei nanti.

Sementara Suzuki Toshio mengatakan kalau meninggalnya Takahata ini adalah sesuatu yang sangat disayangkan, karena ada banyak yang telah direncanakan oleh Takahata. Suzuki juga sudah berkonsultasi dengan Miyazaki, dan mereka akan mengadakan acara perpisahan yang besar untuk mengenang Takahata.

Selamat Jalan Takahata Isao, terima kasih banyak karena telah memberikan berbagai kontribusi kepada penonton film dan fans anime 🙁