Yosh, kali ini saya akan berbagi beberapa genre musik yang emang agak nyeleneh dari Jepang. Ada apa aja genre aneh nan nyeleneh dari negara Jepang ini? Yuk mari disimak!

Genre

1. Danger Music: “Menghancurkan barang saat waktu perfom itu di anggap seni!”

Sebelumnya saya jelasin dulu pengertian dari ‘Danger Music’ ini. Danger Music adalah sebuah aliran musik dimana benda apapun di anggap sebagai instrumen. Jadi kalian jangan heran kalau kalian pergi ke acara konsernya sebuah band yang beraliran Danger Music ini, Kalian gak bakalan nemuin satupun instrumen musik di atas panggung saat mereka perfom. Penemu jenis musik ini, Takehisa Kosugi mengatakan bahwa aliran musik ini adalah sebuah revolusi dalam bidang musik.

Hanatarash adalah salah satu band Jepang yang mengusung genre Danger Music ini. Pada sebuah konsernya di tahun 1998 yang lalu, pada saat perfom band ini tidak melengkapi diri mereka dengan alat musik, melainkan beberapa alat berat. Lalu si vokalis mulai membanting-banting alat-alat tersebut. Dia juga mengambil potongan kaca yang ada di balik panggung lalu membantingnya. Tapi anehnya, para penonton terdengar bersorak bahagia seolah-olah itu adalah pertunjukan musik yang mengagumkan.

2. BABYMETAL: “Vokalis Metal yang bersuara moe di banding nge-scream, growl, d.l.l.!”

Apa yang ada di pikiran kalian ketika kalian mendengar kata ‘METAL’? Mungkin kalian akan membayangkan para musisi pria bertampang sangar dan bersuara melengking atau kalian membayangkan seorang metal-head yang memakai kostum nyeleneh pada saat pertunjukan musiknya. Tapi sayang, kalian tidak akan menemukan semua itu dalam genre BABYMETAL ini.

Vokalis dari BABYMETAL ini adalah para cewek yang kawaii. Mereka memakai kostum yang moe nan menggemaskan dan berdandan cantik. Sementara musik yang keras menghentak seperti musik metal pada umumnya, vokalis ini memiliki ciri khas suara yang moe. Mereka juga punya koreografi keren layaknya para idol Jepang lainnya.

3. Japanoise: “Genre musik yang terdengar seperti TV Warp!”

Japanoise sepertinya memang genre musik yang sengaja dibuat untuk merusak telinga. Seluruh musik Japanoise berupa gemersik yang diulang-ulang, mirip televisi rusak. Tapi anehnya, banyak orang di Jepang yang menggemari genre musik yang satu ini. Di Jepang terdapat banyak band terkenal yang mengusung genre Japanoise ini diantaranya yaitu Merzbow dan Melt-Banana. Sampai sekarang, band tersebut masih memiliki fans loyal.

Pastinya sebagian besar dari kalian merasa asing dengan genre musik di atas tapi jangan salah, para band di atas justru punya banyak fans loyal. Dan sekarang, mana dari genre musik tadi yang paling aneh menurut kalian? Atau kalian justru jatuh cinta dengan salah satu dari musik aneh tadi? Atau ada juga diantara kalian yang punya informasi genre nyeleneh selain yang saya sampaikan?

  • Syarif Kazuto Hidayat

    Kayaknya yang nomor 1 mirip orang gila… :3