Genre Baru dalam Dunia Idol, Seiyuu Idol!

Dunia idol Jepang memang tak pernah berhenti untuk berinovasi dan berkarya. Berbagai genre idol pun telah bermunculan, mulai yang mengusung tema imut, cantik hingga underground rock. Selain itu semua, terdapat salah satu genre yang saat ini sedang naik daun, yaitu seiyuu idol.

Seiyuu Idol adalah sebuah grup idol yang berisikan para seiyuu dari sebuah anime. Grup ini dibentuk sebagai sarana promosi anime tertentu dan juga merealisasikan karakter anime ke dalam dunia nyata. Para seiyuu yang dipilih pun tidak sekedar seiyuu. Mereka adalah seiyuu yang benar-benar memiliki talenta apik diluar pengisi suara namun juga memiliki suara yang indah dalam segi tarik suara.

mizukinana
Nana Mizuki dalam singlenya, Angel Blossom

Nana Mizuki, seorang seiyuu yang mempopulerkan anime Magical Girl Nanoha juga memberikan suaranya dalam bentuk single solo. Ia juga menyanyikan soundtrack dari anime tersebut yang berjudul Angel Blossom. Ada lagi, Mamoru Miyano yang terkenal karena menyanyikan hampir semua opening theme untuk anime Uta no Prince-sama (atau biasa disebut Uta-Pri). Ia juga mengisi suara untuk Tokiya Ittoki dalam anime tersebut.

lovelive-live-2015-in-concertSelain tarik suara, para seiyuu idol juga diwajibkan untuk bisa menari dalam sebuah konser khusus. Mereka merealisasikan semua gerakan dalam anime menjadi kenyataan. Sebut saja para seiyuu idol dari Love Live! yang tergabung dengan nama panggung μ’s (dibaca “Muse”). Grup yang berisi 9 seiyuu dari masing-masing karakter dalam anime tersebut juga telah menjadi hits yang besar di Jepang. Seluruh konser mereka juga selalu mengundang perhatian publik. Jadi jika anda salah satu yang pernah melihat langsung konser mereka, anda adalah orang paling beruntung di muka bumi. Mengapa? Karena tiket konser mereka selalu habis dalam satu jam pembukaan loket nya.

tomatsuharuka
Haruka Tomatsu “I may Me” photobook

Tarik suara dan menari telah menjadi faktor kunci bagi seorang seiyuu idol. Namun, ada hal lain lagi untuk menjadikannya komplit, yaitu photobook. Hal ini yang dilakukan oleh Haruka Tomatsu. Seiyuu cantik yang terkenal akan kehebatannya untuk mengubah suara menjadi laki-laki dan wanita ini telah merilis lima photobook dirinya. Ia juga mempopulerkan Keita dari anime Youkai Watch dan Asuna dari Sword Art Online. Photobook kelimanya telah beredar di pasaran dengan judul “I may Me”.

uchidaaya
Uchida Aya “patina” photobook

Selain Haruka, salah satu seiyuu yang terkenal aktif dalam hal model adalah Uchida Aya. Namanya melejit setelah mempopulerkan karakter Kotori Minami dalam serial anime Love Live!. Ia juga telah merilis dua single solo dan dua album. Dalam photobook dan singlenya, ia mempopulerkan karakter imutnya. Hal inilah yang membuat fans pun tak hanya menyukai karakter Kotori Minami yang dibawakannya melainkan juga sang seiyuu pun ikut di idolakan.

nozoeri
NozoEri Radio Garden diisi oleh Yoshino Nanjo dan Aina Kusuda

Tak lengkap rasanya jika para idol tidak mengisi acara off-air di luar konser. Hal inilah yang dilakukan oleh Yoshino Nanjo dan Aina Kusuda dalam acara “NozoEri – Radio Garden”. Sebuah siaran radio yang membahas tentang Love Live!. Mereka berdua juga adalah pengisi suara dari Eli Ayase dan Nozomi Tojo dari Love Live!.

Dengan adanya Seiyuu Idol tentu membuat dunia idol Jepang semakin kaya akan warna. Setiap idol ingin memberikan yang terbaik untuk fansnya.