Gempa kembali terjadi di Jepang pada Sabtu dini hari tadi, tanggal 16 April 2016. Gempa yang berkekuatan 7,4 SR dilaporkan kembali melanda Jepang bagian selatan dan peringatan potensi tsunami pun dikeluarkan. Kantor Berita Reuters melaporkan bahwa pusat gempa berada di dekat kota Kumamoto. Berdasarkan lansiran US Geological Survey, gempa berpusat pada kedalaman 40 km. Badan Meteorologi Jepang pun mengeluarkan peringatan potensi tsunami yang mengidentifikasi bahwa akan adanya ancaman air laut naik tinggi. Warga pun diminta untuk menjauhi pesisir Laut Ariake dan Yatsuhiro. Sementara itu, NHK menaruh breaking news di lamannya bahwa gempa mengguncang Kyushu pada Sabtu dini hari, pukul 1:25 waktu Jepang. Badan Meteorologi kembali mengingatkan warga untuk menjauhi pesisir karena ada ancaman potensi tsunami.

Sebelumnya gempa berkekuatan 6,5 SR mengguncang Jepang pada Kamis malam tanggal 14 April 2016 dan dilaporkan 9 orang meninggal dan 860 lebih terluka. Menurut polisi Kumamoto, dari 9 orang yang meninggal 3 adalah pria dan 4 adalah wanita berumur antara 54 sampai 94 di Mashiki. Seorang pria berumur 29 tahun dan wanita 68 tahun meninggal di rumah sakit Higashi di kota Kumamoto. Delapan dari mereka tertimpa rumah yang runtuh, dan salah satunya meninggal setelah terjatuh dari rumah. Gempa berkekuatan 6,5 SR pada pukul 9:26 malam Kamis lalu berasal dari kedalaman rendah sekitar 11 KM dari prefektur Kumamoto dan tercatat berkekuatan paling besar 7 SR di kota Mashiki menurut agen Meteorologi Jepang.

Gempa di Jepang
salah satu gempa dahsyat kobe beberapa puluh tahun lalu

Tidak hanya mengakibatkan beberapa kerusakan dan menelan korban, Gempa di Jepang ini membuat jadwal penayangan beberapa serial anime yang kita tunggu juga akhirnya terkena dampaknya dan ditunda penayangannya minggu ini. Beberapa seri anime yang dikabarkan tidak akan tayang minggu ini diantaranya adalah Kotetsujou no Kabaneri, Ansatsu Kyoushitsu, Shonen Maid dan Sakamoto Desu ga?. Penundaan tersebut dilakukan agar bisa memberi waktu untuk penayangan berita nasional mengenai gempa di jepang tersebut. Selain TV nasional, beberapa saluran TV berbayar yang menayangkan anime di beberapa penjuru dunia seperti Amerika pun ikut menunda penayangan anime yang ditunda di Jepang. Beberapa band dan musisi Jepang pun turut berduka atas kejadian gempa di jepang yang tiba-tiba melanda tersebut.

Stay Safe, Stay Strong #prayforjapan #prayforkumamoto

A photo posted by Crossfaith (@crossfaithjapan) on