Geisha Jepang memiliki reputasi terkenal di seluruh dunia sebagai penghibur dan  seniman yang kompeten dalam berbagai bentuk seni. Namun, di masa lalu, itu tidak sering bahwa orang asing harus melihat mereka tampil. Mereka hanya terlihat tampil di tempat-tempat kecil seperti rumah teh, tapi ini tidak lagi terjadi sekarang. masyarakat geisha Kyoto ini telah memasang sebuah acara publik tahunan di mana Anda dapat melihat pertunjukan geisha seperti ‘Miyako Odori’, tarian semi tradisional.

  • Miyako Odori

Geisha dance

Miyako Odori berasal dari kata Jepang ‘miyako’ yang berarti modal, dan ‘odori’ tarian yang berarti. Ini adalah tarian yang dilakukan oleh ‘geiko’ (geisha) dan ‘maiko’ (geisha magang) dari Gion Kobu (distrik geisha terbesar di Kyoto). Geisha dari Kyoto lebih suka disebut geiko daripada geisha. Geiko berarti ‘seni anak sementara geisha berarti’ seni seseorang.

Meskipun Kyoto tidak lagi ibukota Jepang, masih ditulis dengan karakter yang berarti ‘ibu kota’ dalam bahasa Jepang. Dengan demikian, tarian telah disebut ‘Ibukota Dances’. Sejak peristiwa ini berlangsung selama musim semi, juga telah dijuluki ‘The Cherry Blossom Dances’.

  • Tarian Geisha

geisha dance1

Tarian ini secara resmi dimulai pada tahun 1872 ketika geiko pertama dari Gion Kobu dilakukan di depan umum. Sejak pertunjukan telah tahunan yang diselenggarakan di Gion Kobu Kaburenjo Theater. Ini kemudian menjadi pengaturan permata budaya hidup ini. Saat ini, tarian ini sedang dilakukan setiap hari selama sebulan penuh di bulan April, yang membuatnya menjadi bulan bekerja sangat keras untuk geiko dan maiko. Setiap kinerja berlangsung satu jam untuk total empat jam 12:30-04:50 dan diharapkan menjadi sempurna. Setiap langkah harus selalu sempurna.

  • Sebuah Penglihatan Indah

Geisha dance2

Setiap kinerja terdiri dari 8 adegan, dengan setiap adegan yang mewakili aspek kehidupan Jepang. Selalu ada fokus di setiap tari, seperti tempat-tempat tradisional atau perubahan di alam dan sebagainya. Apa yang membuat kinerja ini unik adalah fakta bahwa itu tidak hanya terbatas pada menari. Kadang-kadang geiko akan bernyanyi dan bertindak dalam sebuah adegan drama. Kostum dan make-up yang mewah. Setiap orang mengenakan kimono yang telah indah dihiasi tergantung pada tema. Sebanyak 60 geiko dan maiko akan mengambil panggung.

Miyako Odori adalah warisan yang bisa dibanggakan, yang terus memikat penonton yang berasal dari negara-negara di seluruh dunia. Datanglah ke Kyoto pada bulan April untuk melihat salah satu pertunjukan yang paling rumit dan abadi di Jepang!

Jika mina-san ke jepang tahun ini khusus nya  pada bulan april jangan sampai terlewatkan acara indah ini ya,  saya urahara selamat beraktifitas ?