Tak jarang bagi sebuah gedung lama atau bekas bisa dipakai ulang menjadi sesuatu yang baru. Contohnya, gedung sekolah bekas saja bisa diubah jadi tempat rekreasi akuarium di Jepang. Kali ini ada lagi contoh yang serupa walau tidak se-ekstrim itu, tapi tetap sesuatu yang menarik. Karena dikabarkan kalau gedung bekas HQ Nintendo yang terletak di Prefektur Kyoto akan diubah menjadi sebuah hotel.

Ya, nama yang pastinya sudah tak asing apalagi bagi para gamer. Nintendo memang nama yang terkenal sebagai pembuat berbagai game-game dan konsol-konsol seru. Dari Mario sampai Pokemon, dari Gameboy sampai Switch, banyak inovasi dan keseruan yang telah dibuat mereka.

Tapi ada sisi yang lebih menarik dan antik lagi dari perusahaan game tersebut. Perusahaan Nintendo sebenarnya sudah sangat tua. Seberapa tua umurnya? Nintendo pertama didirikan di Kyoto pada tahun 1889, membuat perusahaan itu saat ini telah menginjak umur 130 tahun!

Dan yang menariknya adalah bahkan sejak jaman dahulu itu, dimana nama mereka adalah Marufuku Nintendo, mereka juga terlibat dalam dunia gaming, walau berbentuk analog. Dimana bisnis mereka adalah memproduksi permainan kartu, seperti Karuta.

Dan gedung lama Nintendo pada saat era mereka berbisnis membuat permainan kartu analog tersebut masih berdiri di Kyoto. Walau sudah tak dipakai, gedung itu masih memiliki plat nama Nintendo Playing Card company. Karena itu tempat tersebut memiliki unsur sejarah, yang membuat gedung itu jadi lokasi pilgrimage bagi fans Nintendo.

Tapi seperti yang dikabarkan diatas, nantinya fans tak hanya dapat berkunjung melihat-lihat, tapi juga bermalam disitu. Hal tersebut diumumkan oleh Plan Do See, perusahaan Tokyo yang spesialisasinya adalah merenovasi membangkitkan gedung bersejarah yang tak terpakai. Tapi bagi fans yang khawatir, ini bukan berarti gedung itu dirobohkan.

Gedung itu tetap akan berdiri, dengan bagian dalamnya yang diubah, dan malah akan diberi beberapa penambahan. Diperlihatkan kalau hotel itu akan ditambahkan sampai 20 guest room, dengan restoran, bar, dan gym. Saat ini hotel Nintendo itu belum diberi nama resmi, tapi direncanakan untuk mulai beroperasi dalam tahun 2021.