Saat ini sudah ada beberapa game buatan negara China yang mendunia, dengan yang saat ini sedang paling meleduk bahkan di Indonesia adalah game Genshin Impact. Popularitasnya dapat dilihat dengan nama game itu muncul dimana-mana di internet, dari situs berita dan review game dan video Youtube. Dan yang hebat lagi, adalah kemarin-kemarin game itu juga mulai diiklankan pada gedung AKB48 Theatre.

Genshin Impact adalah game open world action adventure RPG yang dikembangkan oleh Mihoyo. Game tersebut memiliki gameplay ala Legend Of Zelda Breath Of the Wild dimana player berpetualang dalam dunia yang luas, tapi digabung dengan sistem gacha mobage untuk pilihan karakter yang bisa dipakai oleh player.

Tapi mungkin karena gameplay yang awalnya terlihat terlalu mirip Breath Of The Wild, awalnya game itu banyak dikritik dan diprotes, dianggap seperti bajakan atau plagiat, dan sepertinya itu juga yang membuat game tersebut lebih dulu dirilis untuk mobile, PS4, PC, dan tak terlihat ada kemajuan untuk perilisan di Nintendo Switch.

Tapi meski memiliki awal yang tak mulus, pada akhirnya perilisan game tersebut tetap terjadi, dan sepertinya berkat timing pandemik yang membuat banyak main dalam rumah, popularitasnya meleduk dan viral. Menjadikan Mihoyo sangat sukses, dengan versi mobile game itu jadi mobage tercepat yang meraup untung lebih dari 1 milyar Dollar beberapa minggu lalu.

Dan berkat desain karakternya yang seperti anime dan juga menggaet banyak seiyuu populer baik pria dan wanita untuk pilihan audio Jepangnya seperti Koga Aoi untuk Paimon dan Yuuki Aoi untuk karakter protagonis, dan juga Matsuoka Yoshitsugu, Ono Kensho, dan lain-lain, game tersebut juga jadi sangat populer di Jepang.

Dan sekalian balik kepada topik utama, popularitas besar tersebut dapat terlihat dengan seri itu diiklankan besar-besar pada gedung Don Quijote di Akihabara dari tanggal 1 April kemarin, menggantikan iklan grup idol AKB48.

Ini sesuatu yang mengejutkan para netizen Jepang, karena gedung itu terkenal jadi tempat iklan grup idol tersebut selama bertahun-tahun, yang wajar karena lantai 8 dari gedung itu juga merupakan lokasi dari AKB48 Theatre.