Hai Akiba-kei dan Akiba-chan, kalian tahu J.A.R.V.I.S ‘kan? Itu tuh, artificial intelligence atau AI yang dirancang sendiri oleh Tony Stark di dalam Marvel Cinematic Universe.  J.A.R.V.I.S imerupakan singkatan dari Just A Rather Very Intelligent System yang tujuannya mempermudah Tony dan siapapun yang meminta bantuan dari J.A.R.V.I.S untuk mengerjakan kegiatan.

Jarvis

Author kenapa sih menyebut-nyebut soal AI? Ya, karena sekarang Jepang sudah membuat terobosan baru yang benar-benar maju di bidang AI. Gatebox, sebuah robot hologram yang disambungkan ke rumah pintar. Dibuat oleh sebuah startup yang baru muncul di tahun 2014 bernama Vinclu Inc. Perusahaan ini cukup ambisius dan baru saja meluncurkan sebuah video konsep asisten hologram mereka berinteraksi dengan seorang pemuda. Vinclu Inc bahkan sudah mendapatkan dana sejumlah 90 juta yen (sekitar 10 milyar rupiah) dari Incubate Fund, Primal Capital, dan iSG Investment Works.

gatebox

Karakter di dalam Gatebox sendiri berbentuk animasi bernama Azuma Hikari yang dirancang oleh Taro Minoboshi, salah satu pembuat dating sim game bernama “Love Plus”. Azuma dapat berkomunikasi, membangunkan bahkan menyapa ketika kamu pulang ke rumah. Gatebox juga didesain untuk dapat tersambung dengan peralatan berbasis internet dan elektronik sensor di dalam rumah, jadi kita dapat mengontrol apapun dalam rumah pintar tersebut hanya dengan berkomunikasi dengan Azuma. Selain itu hologram ini sendiri memiliki sensor sehingga memudahkan dalam hal komunikasi dan merespon perintah user.

Karakter ini juga ngga kalah dengan J.A.R.V.I.S, dia juga bisa memiliki sifat sendiri dan mungkin ke depannya dapat memberikan jawaban-jawaban yang terasa lebih nyata layaknya kita berbicara dengan orang lain. Pasti seru ya, untuk yang cowok single bisa mendengar suara imut Azuma dan ngobrol tiap saat tanpa ada yang melarang, jadi merasa punya pacar dan ngga kesepian lagi deh.

Sayangnya untuk sekarang Gatebox belum dapat dibeli oleh masyarakat luas, tapi jangan kecewa dulu, tahun ini Vinclu Inc sudah membuka penggalangan dana untuk pre order Gatebox. Di samping itu mereka juga sudah meluncurkan produk bernama Ayatori berupa device yang dapat disambungkan ke smartphone. Perangkat ini memiliki fungsi untuk berkomunikasi dengan user yang juga memakai Ayatori. Jadi pada dasarnya Ayatori adalah bentuk lain aplikasi digital small-talk. Ayatori juga dilengkapi party mode seperti pertunjukkan music mini dan ‘pair’ mode. Dapat dibeli dari DMM seharga ¥1480 (Rp167.240). Mungkin Akiba-kei dan Akiba-chan ada yang berminat untuk beli? Atau malah menunggu sampai Gatebox diluncurkan secara resmi?