Nyaris semua orang di dunia ini menyukai bermain game. Mulai dari kanak-kanak, remaja, hingga orang tua, seluruhnya menyenangi menghabiskan waktu luang dengan menghadap layar platform virtual. Apalagi, di zaman android begini, game menjadi tambah seru karena platform yang digunakan hanya cukup dengan ponsel pintar. Praktis dan mudah dibawa ke mana saja, membuat smartphone menjadi raja di tahun-tahun sekarang. Termasuk untuk bermain game Future Division, yang telah dirancang oleh developer untuk mobile. Tetapi game Future Division berikut ini punya grafik serta gameplay yang sungguh menakjubkan.

Nah, di Jepang, ada yang namanya Tokyo Game Show (TGS). Di acara yang spektakuler tersebut, semua hal seputar game dipamerkan. Orang-orang yang punya hobi gaming akan datang untuk ikut serta dalam pagelaran teknologi itu. Tidak hanya pameran, Japan Game Awards (JGA) juga turut andil memeriahkan. Di bawah naungan Computer Entertainment Supplier’s Association (CESA), mereka mengumumkan pemenang game terbaik untuk tahun 2016 yang dibagi dalam beberapa kategori. Salah satunya adalah kategori “Future Division”. Kategori ini memiliki 10 game terbaik yang dianggap punya masa depan cerah.

Jadi, kiranya apa saja, ya, yang masuk ke dalam jajaran 10 Game Future Division versi Japan Game Awards dan direkomendasi oleh Tokyo Game Show? Yuk, simak daftarnya di bawah ini. 🙂

10. Ryu ga Gotaku Go 6 / Yakuza 6

10-yakuza-6

Urutan ke-10 dalam jajaran daftar Game Future Division ditempati oleh Ryu ga Gotaku Go 6 atau yang lebih dikenal dengan Yakuza 6. Game yang dipublikasi oleh developer Sega Games ini mendapat banyak sorotan penggemar permainan aksi. Pasalnya, selain menyajikan tampilan yang memukau karena menggaet platform PlayStation 4, Yakuza 6 mempunyai ketebaruan yang keren. Mengangkat arena yang serba misterius dan jurus-jurus mematikan teranyar dari para karakter, siapa pun ingin mengalami battle-arcade yang seru dari Yakuza 6!

9. The Last Guardian

9-the-last-guardian

Game ini dikembangkan oleh Sony Interactive Entertainment dan diperuntukan bagi platform PlayStation 4. Dari segi desain karakter, The Last Guardian mengalami perubahan yang cukup signifikan dibandingkan game sebelumnya. Karakter sudah terlihat sangat meyakinkan dan membuat jatuh hati para pemain. Mereka sangat antusias menunggu rilisnya game satu ini.

8. Summer Lesson: Hikari M-Seven Days Room

8-summer-lesson-hikari-m-seven-days-room

Trailer Summer Lesson: Hikari M-Seven Days Room begitu mengagumkan. Penulis yakin ia mempunyai masa depan yang gemilang. Tidak hanya karena dirilis untuk platform PlayStation Virtual Reality yang canggih besutan Sony, franchise yang masuk ke dalam jajaran Game Future Division ke-8 ini dirancang Bandai Namco untuk para pemain yang hikikomori (anti-sosial). Pasalnya, kita yang tidak suka melakukan interaksi secara langsung dengan orang lain namun tetap membutuhkan seorang teman–sangat cocok dengan game Hikari M-Seven Days. Sesuai namanya, kita akan ditemani oleh karakter virtual yang ramah nan menyenangkan bernama Hikari Miyamoto.

7. Resident Evil 7

7-resident-evil-7

Akiba-chan dan Akiba-kei di rumah yang suka main game tembak-tembakan zombie satu ini wajib bergembira! Sebab, Resident Evil 7 yang merupakan seri terbaru Biohazard dari Capcom rencananya akan dirilis pada banyak platform. Yang kebagian mencicipi kehadirannya adalah PlayStation 4, PlayStation Virtual Reality, Xbox One, dan jreng-jreng (ceritanya efek suara kejutan gitu), ada buat PC juga bruh! Ya, mendapat beberapa kritik pedas atas dua seri sebelumnya (Resident Evil 5 dan 6) membuat Capcom meradang. Kini Resident Evil 7 bakal tampil lebih mencekam!

6. Nioh

6-nioh

Nioh, begitulah namanya, merupakan Game Future Division urutan ke-6. Mengapa nama game satu ini begitu unik? Karena Nioh merupakan game yang mengangkat tema Zaman Edo di Jepang. Beragam armor perang khas Jepang ditampilkan dalam Nioh. Team Ninja adalah developer bagi franchise satu ini, sedangkan Koei Techno menjadi publisher khusus di Jepang dan Sony Interactive Entertainment mengambil peran perilisan ranah Internasional. Untuk platform, Nioh bergandengan dengan PlayStation 4. Dari segi cerita, Nioh menceritakan perjalanan William Adams, seorang samurai berdarah barat yang mempunyai kemampuan di luar nalar.

5. Monster Hunter Stories

5-monster-hunter-stories

Monster Hunter seri sebelumnya memakai platform PlayStation 2 dan tak kalah menarik. Maka Capcom, untuk melengkapi seri sebelumnya itu merilis spin-off berjudul Monster Hunter Stories. Franchise yang salah satu serinya digadang-gadang akan dibuatkan film live-action-nya tersebut bekerja sama dengan Nintendo 3DS sebagai platform. Nah, untuk masalah gameplay, Monster Hunter Stories hampir mirip Digimon, yakni berteman dengan pet-monster, memeliharanya, dan bertarung menghadapi pet-monster milik musuh. Hanya saja Monster Hunter Stories lebih epik.

4. Megami Meguri

4-megami-meguri

Konsep yang ditawarkan Megami Meguri, tuh, keren banget tahu! Menggabungkan IC Card (kartu transportasi orang Jepang) dengan sebuah game, Capcom mengharapkan pemainnya semakin senang jalan-jalan. Kalau Pokemon Go tidak memperbolehkan pemainnya bermain sambil menaiki kendaraan, Megami Meguri justru menginginkan pemainnya naik kereta! Ya, karena di Jepang, alat transportasi paling banyak dipakai oleh masyarakat itu kereta, maka konsep franchise yang masuk urutan ke-4 dalam daftar Game Future Division ini dirasa cocok. Tapi kalau di Indonesia? Pasti bakal muncul berita begini: Diduga Keasyikan Main Megami Meguri, Seorang Pengendara Bermotor Menabrak Nenek Tua yang Sedang Belanja Sayuran.

3. Horizon: Zero Dawn

3-horizon-zero-dawn

Latar belakang cerita game besutan Sony Interactive Entertainment untuk platform PlayStation 4 satu ini begitu epik. Kehidupan di bumi setelah kiamat tergambar jelas dalam Horizon: Zero Dawn. Tetapi uniknya, awal-awal bumi yang seharusnya diisi dengan hutan belantara dan binatang-binatang pra-sejarah, malah diisi rombongan hewan robot yang terbuat dari mesin. Ciri khas masa depan banget!

2. Gravity Rush 2

2-gravity-rush-2

Gravity Rush 2 merupakan game petualangan yang masuk urutan ke-2 dalam daftar Game Future Division. Didukung oleh Sony Interactive Entertainment dan menggunakan platform PlayStation 4, Gravity Rush 2 jadi permainan yang begitu keren! Harus dicicipi oleh Minna-san di rumah dan ditamatkan, nih!

1. Final Fantasy XV

1-final-fantasy-xv

Beuh, yang ini sih udah enggak usah dihitung lagi. Seri Final Fantasy emang top markotop deh! Apalagi, Square Enix menggaet tiga platform sekaligus untuk seri terbaru ini. Yakni PlayStation 4, PlayStation Virtual Reality, dan Xbox One. Membuat Final Fantasy XV jadi lebih mantab soul! Franchise melegenda yang dipelopori oleh Square Enix tersebut lebih kuat dalam segi gameplay dan tampilan grafik. Oleh sebab itu, Final Fantasy XV sangat pantas dinobatkan sebagai Game Future Division nomor 1!

Itulah daftar 10 game yang Tokyo Game Show rekomendasi bagi para pemburu franchise keren. Daftar ini sebenarnya didasari hasil polling para pengunjung TGS. Mereka dipersilakan memberikan suara untuk game yang dirasa paling bagus. Mari mencicipi game yang direkomendasikan! Dan jangan lupa share artikel ini biar teman-teman Minna-san juga kebagian informasinya! 😀

SHARE
Previous articleYamaKen Memecahkan Misteri Dalam Live-Action Hyouka
Next articleThe Hedgehogs Muncul Sbg Surprise Dalam PV Baru Anime Fuuka
Winata SilenceAngelo merupakan seorang penulis remaja yang lahir pada 3 September 1997 di kota Karawang. Kecintaannya terhadap diksi yang melankolis serta menyentuh mengantarkannya ke dunia kepenulisan. Pada umurnya yang masih sangat muda ini, ia berhasil meraih beberapa penghargaan sastra serta menjadi kontributor dari buku-buku puisi. Menurut Winata, dalam sebuah naskah, entah itu novel, cerpen, esai, puisi, atau sekadar kata-kata, yang terpenting adalah unsur amanat. Seperti ketajaman pada ujung mata pedang, amanat merupakan apa yang menjadi tolak ukur suatu seni. Di sanalah segala dari pemikiran sang penulis bermuara, hingga kemudian menunjukan keindahannya dengan sangat artistik.