Sudah ada beberapa rekor dunia Guinness yang dipecahkan di Jepang. Seperti rekor musik game yang dipecahkan oleh game Final Fantasy atau rekor Guiness yang diraih oleh seiyuu Matsuoka Yoshitsugu dalam mobage Danmachi. Dan bicara soal game dan rekor Guinness, baru-baru ini ada lagi rekor dari dunia game yang diraih oleh orang Jepang, yaitu seorang nenek yang berhasil meraih rekor Guinness game Youtuber tertua.

Dan nenek Jepang itu, adalah Mori Hamako! Yang tahun 2019 lalu pada umurnya yang ke-89 juga pernah masuk berita dan dikabarkan oleh Akibanation. Dan kini umurnya telah menginjak 90 tahun, dan membuatnya mendapatkan penghargaan dari Guinness, yang juga diumumkan sampai di Facebook resmi dari Youtube.

Sedikit keterangan mengenai sang nenek kece ini, ia telah bermain game sejak masih sangat muda. Dalam wawancaranya dengan website Game Spark, Mori-san mengatakan ia telah main game sejak era konsol Casette Vision, yang dirilis tahun 1981 dan juga konsol pertama yang dimainkan olehnya.

Congratulations to Hamako Mori aka Gamer Grandma from Japan, who at 90 years old is the oldest video gaming creator on YouTube, according to Guinness World Records → https://yt.be/9egb

Posted by YouTube on Monday, May 18, 2020

Dan sekalian balik ke topik utama, ia memiliki channel Youtube, yang dengan cocoknya bernama Gamer Grandma. Dan disitu ia melakukan Lets Play akan beragam game-game masa kini. Dan tak hanya game Jepang macam Dragon Quest dan Nier Automata, tapi juga banyak game-game barat seperti Grand Theft Auto V dan Skyrim.

Dan Ya, ia juga telah memberikan pengumuman besar akan rekor Guiness ini pada salah satu video baru dalam channel miliknya, dan ia juga telah masuk dalam video yang dipasang dalam channel Youtube resmi dari Guiness.

Ia mengutarakan beberapa patah kata akan pencapaian besar ini. Mengatakan kalau ia menginginkan agar lebih banyak dari generasinya yang main video game sepertinya. Dan juga agak sedih karena banyak orang-orang senior tak hanya Jepang tapi dari seluruh dunia yang tidak mengapresiasikan bisa betapa menyenangkan main video game.

Menariknya, mungkin ia bisa dapat teman dari generasinya, karena ada Youtube gamer grandma lain di Amerika, seorang nenek bernama Shirley Curry berumur 84 tahun, yang berspesialisasi main game Skyrim, dan sangat passionate sampai secara resmi dijadikan NPC game Elder Scrolls. Sayangnya sih mungkin ada language barrier ya, tapi semoga ada kolaborasi antara dua nenek kece ini.