Siapa disini yang sudah dewasa dan sudah lulus sekolah atau kerja tapi masih aktif main game? Dengan semakin tuanya generasi yang mengenal dan aktif main game, semakin banyak juga gamer yang bisa tetap main sampai tumbuh dewasa, dan kadang bisa juga ada gamer yang main sampai mereka sudah menua. Contohnya nenek Jepang Gamer Grandma ini, yang sampai sekarang masih aktif main game, dan mengaku memberikan efek positif juga.

Nenek tersebut bernama Mori Hamako yang berasal dari Tokyo, dan saat ini dikatakan kalau ia berumur… 89 tahun! Dan ia telah bermain game sejak masih sangat muda. Dalam wawancaranya dengan website Game Spark, Mori-san mengatakan ia telah main game sejak era konsol Casette Vision, yang dirilis tahun 1981 dan juga konsol pertama yang dimainkan olehnya.

Dan yang keren lagi dari nenek gamer ini adalah sejak 2014 lalu, ia juga ternyata punya… channel Youtube sendiri! Yang dengan cocoknya, bernama Gamer Grandma. Dan disitu ia melakukan Lets Play akan beragam game-game masa kini. Dan tak hanya game Jepang macam Dragon Quest dan Nier Automata, tapi juga banyak game-game barat.

Bahkan jika dilihat ia lebih banyak memainkan game barat, dari Grand Theft Auto V sampai Days Gone yang sedang diminatinya sekarang, dan juga Skyrim yang merupakan game Lets Play pertamanya di channel itu. Mori-san mengatakan kalau grafik game masa kini begitu hebat, dan ia senang dapat hidup sampai bisa selama ini.

Ia juga memberi sisi positif keren akan hobi gaming yang diikutinya, mengatakan kalau main game membuatnya tidak terkena penyakit dementia. Menurutnya itu karena main game mendorong otaknya untuk terus aktif, karena itu membuatnya berpikir akan taktik yang perlu dipakai saat memainkan game tersebut sampai kadang membuatnya menulis memo.

Mori-san juga mengatakan saat muda akan sulit menemukan waktu main game, tapi jika ada yang mulai main dari muda maka saat tuanya takkan masalah main. Ia juga mengatakan keuntungan hobi gaming dimana bagi yang hobi olahraga atau fashion akan sulit melanjutkannya jika sudah tua, tapi game tetap enak dimainkan.

Walau ia juga menyarankan gamer tua lain jika mau main game lebih baik dengan game single player dan bukan game multiplayer, karena jika main dengan gamer-gamer muda malah melambatkan mereka. Tapi ia juga mengatakan dengan makin tuanya umur gamer masa kini, mungkin akan ada server spesial agar sesama gamer tua bisa bermain bersama.