Kadokawa Games kali ini sudah luncurkan sebuah video trailer ketiga untuk game Root Letter. Trailer yang memiliki durasi sekitar 4 menitan ini mengungkap sistem gameplay yang akan disajikan dalam game visual novel misteri yang menceritakan tentang sahabat pena kalian dari 15 tahun silam. Video trailer tersebut juga dilengkapi dengan teks berbahasa Inggris sama seperti trailer yang sebelum-sebelumnya. Disini cerita akan dimulai ketika kalian mendapatkan sebuah surat terakhir yang dikirim oleh Aya Fumino dari 15 tahun yang lalu, akan tetapi baru diterima sekarang. Dalam surat tersebut tertulis bahwa Aya telah membunuh seseorang. Mendapatkan surat yang misterius ini, kalian akan pergi ke Prefektur Shimane untuk mengungkapkan misteri dibalik jati diri Aya melalui surat-surat yang kalian terima dan juga dari 7 orang bekas teman sekelasnya. Gameplay Root Letter ini dibagi menjadi tiga bagian.

1. Letter Part

Di bagian pertama ini kalian akan memiliki 10 surat, jadi ada 10 chapter dalam game ini. Melalui surat-surat yang kalian terima, kalian harus mengkuak informasi mengenai bekas teman sekelas Aya. Selain itu, kalian juga harus mengingat kembali isi surat yang kalian tulis untuk Aya. Jadi, kalian harus menentukan isi suratnya melalui opsi. Kalian bisa meningkatkan hubungan kalian dengan Aya melalui pilihan isi surat kalian. Tingkat hubungan kalian dengan Aya mempengaruhi ending ceritanya. Yang mengejutkan dari video trailer baru ini adalah playthrough kedua setelah kalian menamatkan gamenya akan mengungkapkan misteri yang masih tersembunyi.

2. Research Part

Dalam bagian kedua ini, kalian harus mengelilingi Shimane untuk mencari tahu identitas dari ke 7 teman sekelas Aya. Berkat kerjasama Prefektur Shimane dan hasil penilitian selama 1 tahun, kalian bisa menjelajahi Shimane dalam game ini yang sangat sama dengan Shimane yang ada di dunia nyata. Jadi disini kalian akan bisa menikmati berbagai kebudayaan yang menjadi ciri khas Shimane. Setelah kalian menemukan informasi yang memang bisa dibilang cukup, kalian akan melanjutkan ke bagian ketiga.

3. Questioning Part

Nah, dibagian terakhir ini kalian harus memperbaiki kesalahpahaman yang terjadi di masa lampau. Dengan memperlihatkan bukti yang benar kepada salah satu bekas teman sekelas Aya, maka sesi interogasi pun dimulai. Ketika kalian berhasil memperlihatkan bukti yang benar secara berkali-kali, maka gamenya pun akan masuk ke Max Mode. Mode ini adalah klimaks dari sesi interogasi dan akan ada gauge yang bergerak di sekitar karakter yang merupakan lawan dialog kalian. Disini kalian harus memilih pikiran yang tepat nan akurat tentang apa yang sedang dipikirkan oleh lawan dialog untuk mengungkapkan niat mereka yang sebenarnya.

Root Letter ini akan mulai dirilis di Jepang pada tanggal 16 Juni yang akan datang untuk konsol PlayStation 4 dan PlayStation Vita. Untuk edisi premiumnya, kalian bisa lihat disini.