Kolaborasi crossover animanga dan atau game populer memang keren untuk ditonton atau dimainkan, contohnya adalah JRPG populer Persona 5 yang melakukan kolaborasi dengan mobage dari seri anime light novel populer Sword Art Online. Kolaborasi itu kini diberi update baru, dimana ditampilkan apa saja yang termasuk dalam kolaborasi P5 SAO Mobage tersebut, mulai dari kedatangan karakter spesial, kostum baru, dan lain-lain.

Kolaborasi tersebut pertama diberi teaser saat karakter Joker dari Persona 5 sempat muncul dalam livestream Dengeki Bunko sang penerbit dari light novel Sword Art Online yang memberikan pengumuman kalau game Persona 5 akan melakukan kolaborasi bersama dua mobage Sword Art Online, Memory DeFrag dan Integral Factor.

Kolaborasi itu tak diberi kejelasan, tapi dikatakan akan diberikan lagi detailnya nanti. Dan kini detailnya telah dipertunjukkan melalui livestream baru yang sekali lagi diadakan Dengeki Bunko, dan dengan Bandai Namco juga merilis trailer kolaborasi tersebut.

Kita mulai dari Integral Factor, dimana event kolaborasi P5 dalam game tersebut berbentuk kehadiran dungeon Mementos dalam game itu, dan tampilan game tersebut dibuat stylish layaknya game Persona 5. Diperlihatkan kalau Joker akan muncul langsung bersama Morgana dalam cerita event tersebut dan berinteraksi dengan Kirito dan Asuna.

Tapi tak hanya mereka berdua, karena beberapa Shadow dan Persona juga akan muncul dan bisa dilawan oleh player, yang dapat beraksi bersama dengan Joker. Dan diperlihatkan kostum karakter Joker, Panther, dan Skull juga dapat dipakai oleh player.

Lalu untuk game Memory DeFrag, bentuk kolaborasinya ada sedikit perbedaan. Joker dan Morgana tentu juga ikut hadir seperti di Integral Factor, tapi di Memory DeFrag ini lebih meriah lagi. Karena Joker juga karakter playable bersama Kasumi dari Persona 5 Royal, dan bisa melakukan All Out Attack seperti dalam game originalnya bersama para Phantom Thief lainnya.

Dan sebagai bonus ada juga versi alternatif dari karakter Konno Yuuki, dimana ia memakai kostum karakter Sakura Futaba dari Persona 5, sebagai referensi kalau mereka berdua diperankan oleh seiyuu yang sama, Yuuki Aoi.