Jepang memang bisa saja memakai suatu anime/manga/game untuk melakukan promosi. Dan tak hanya brand Jepang yang melakukannya, tapi bisa juga brand Internasional dengan cabang di Jepang. Seperti perusahaan ban Dunlop yang membuat anime pendek untuk mempromosikan produk ban musim dinginnya. Sekarang ada yang baru dan unik lagi, dengan Dominos Pizza Jepang buat game VN bertema Sukiyaki.

Mina-san sudah tahu ya mengenai Pizza Dominos. Restorannya juga sudah ada lumayan banyak di Indonesia. Dan begitu juga di Jepang. Dan promosi yang Otaku friendly seperti ini juga bukan pertama kalinya bagi mereka.

Sebelumnya mereka juga pernah melakukan promosi dengan anime Tiger & Bunny dan bahkan Hatsune Miku. Jadi tak begitu mengherankan kalau mereka bisa melakukan promosi macam ini. Membuat game visual novel dengan setting di restoran Sukiyaki.

Game ini berjudul Sukiyaki Okami. Okami disini artinya bukan serigala atau dewa, tapi nyonya manager, yang mengatur pelayanan dalam penginapan Ryokan atau restoran tradisional. Dan nyonya itulah target dari player.

Player adalah pekerja bawahan dari ibu okami restoran Sukiyaki di Kyoto. Ia berpikir untuk membantu ibu okami bersih-bersih setelah bekerja seharian. Dan target dari player, adalah untuk mendapatkan pujian dari nyonya tersebut dan menyenangkan hatinya. Tapi sang nyonya itu tegas, dan jika ia marah, maka game over.

Sukiyaki

Agak unik memang. Bukannya memakai karakter gadis yang lebih muda/moe tapi memakai seorang ibu yang lebih tua. Dan tentu yang agak aneh, kenapa brand restoran Pizza memakai makanan Sukiyaki sebagai tema?

Karena game ini adalah untuk mempromosikan pizza rasa baru Dominos Jepang, dan itu adalah Pizza rasa Sukiyaki, yang diberi nama Sukiyaking. Telah dirilis juga iklan pizza tersebut, yang memperlihatkan versi asli dari karakter okami dalam game tersebut.

Jika player berhasil memenangkan goal game visual novel tersebut, yaitu dengan berhasil menyenangkan hati sang nyonya okami, maka player akan mendapatkan kupon diskon 50% untuk pembelian pizza Sukiyaking ukuran besar.

Game visual novel ini memang bukan untuk diseriusi. Yang terlihat dari formatnya yang sederhana. Game ini dapat dimainkan melalui web Dominos Jepang, tanpa perlu install apapun. Tapi game ini RAW alias dalam Nihongo only. Tapi mungkin bisa dicoba buat belajar bahasa Jepang 😉 walau palingan bagi yang diluar Jepang tak bisa dapat kupon diskon pizza itu 😀

Comments

Loading...