Mina-san yang gamer ada yang sudah main game jaman klasik seperti Mario Bros atau bahkan Tetris? Mungkin game klasik itu kalah jauh dengan game modern jaman sekarang. Tapi tanpa game-game itu, game modern keren macam Persona 5 atau unik seperti Summer Lesson, mungkin takkan ada. Untuk kontribusi tersebut dalam industri game, ada 3 game nostalgia Jepang yang masuk 2017 Video Game Hall of Fame.

Video Game Hall of Fame ini adalah bagian dari National Museum of Play yang ada di kota Rochester, di New York. Setiap tahun sejak tahun 2015, Hall of Fame ini memasukan video game yang terus bertahan berkat popularitas mereka dan kontribusi yang telah diberikan oleh game tersebut dalam industri dan pop culture.

Untuk 4 judulย yang masuk dalam game Hall of Fame tahun 2017, ada 3 game Jepang dan 1 game Amerika. Kita mulai dari yang Amerika dulu. Yaitu game FPS terkenal yang membuat konsol XBOX melunjak popularitasnya, Halo: Combat Evolved.

Betewe walaupun ini game barat, ada hubungan dengan Jepang loh ๐Ÿ˜‰ Karena pernah dibuat anime Halo oleh berbagai studio anime, yang dikompilasikan dengan nama Halo Legends. Oh ya, bicara soal anime, ternyata seiyuu Ueda Kana itu fans Halo loh, memainkannya di XBOX walau konsol itu tak booming di Jepang.

Setelah FPS yang penuh action, kita lanjutkan ke game yang juga menantang kecepatan reflex, yaitu game Fighting. Dan kalau kita bicara soal game ini, ada sebuah game yang kemungkinan besar langsung muncul dipikiran kita, Street Fighter!

game hall of fame

Atau lebih spesifiknya disini, adalah Street Fighter II. Game yang mematangkan dan mempopulerkan genre game Fighting pada dunia, dan salah satu game yang mempopulerkan arcade gaming. Yang membuat banyaknya developer game juga mencoba membuat game Fighting mereka sendiri.

Berikutnya juga game yang mengandalkan reflex dan terkenal sulit. Game ini adalah salah satu game terklasik dari salah satu genre game klasik, yaitu genre game Platform. Ini juga membuatnya salah satu anak tertua perusahaan Nintendo, yaitu Donkey Kong.

Game ini juga memberi kontribusi dalam industri game. Ini adalah video game pertama yang memasukan cerita sebagai bagian dari gamenya, walau ceritanya tak dalam atau rumit. Yang dilakukan dengan memperlihatkan adegan cutscene dengan animasi karakter.

Terakhir juga anak Nintendo. Berbeda dengan yang sebelum-sebelumnya, ini bukan game soal reflex. Tapi strategi dan petualangan dalam bentuk game RPG. Game dimana kita menangkap dan mengoleksi binatang. Yup, ini adalah game Pokemon. Dan tak hanya satu, karena ada dua versi. Yaitu Pokemon Aka/Red dan Midori/Green.

Kedua versi ini mayoritas memiliki Pokemon yang sama, tapi ada yang eksklusif untuk satu versi saja. Perbedaan ini supaya player memakai sistem battle dan trading pokemon secara multiplayer melalui kabel. Mendorong gamer bersosialisasi, mencari player lain yang punya game berbeda. Konsep unik ini membuat popularitasnya meledak secara internasional.

Membanggakan ya bagi gamer lama yang sudah memainkan game-game ini ๐Ÿ˜‰ Buat gamer generasi muda, ayuk dicoba. Belajar sejarah video game ๐Ÿ˜€
Dan terima kasih pada game-game ini, dalam memberikan kontribusi tak hanya untuk industri game, tapi juga kenangan para gamer ๐Ÿ˜‰

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here