Cosplay saat ini bisa dijadikan pekerjaan yang dapat membuahkan hasil yang besar, terutama di negara Jepang. Dan itu telah dibuktikan oleh model dan cosplayer profesional Enako, yang dalam pekerjaannya dapat meraup keuntungan diatas ratus ribuan Yen. Kali ini kita akan mengintip upah cosplayer lain dalam pekerjaannya. Seorang gadis cantik yang dikatakan sebagai cosplayer muda no. 1 Jepang, Uramaru.

Cosplayer yang berwajah cantik dan imut ini tak hanya melakukan cospay karakter anime atau game. Memang ia pernah melakukan beberapa cosplay karakter anime macam Re:Zero atau Love Live, tapi dari Twitter miliknya, ia juga terlihat banyak menjadi model kostum atau baju fashion non-anime. Dan ia juga salah satu cosplayer muda paling dipakai saat ini, dengan melihat pendapatannya.

Abema TV baru-baru ini menayangkan siaran berjudul Kyuuyo Meisai yang berarti Pengakuan Gaji, dan Uramaru tampil dalam acara tersebut. Menjelaskan jumlah upah yang didapat olehnya dan beberapa pekerjaan cosplay yang dilakukannya.

Menurut acara tersebut, dalam melakukan sebuah sesi foto, Uramaru mendapatkan bayaran 10.000 Yen per menit! Dan dengan tambahan 1.000 Yen untuk cek dua foto. Per menit loh itu mina-san, bukan per jam.

Tapi itu tak membuat mereka yang berpartisipasi sedih, karena kesempatan untuk berfoto dengan Uramaru dikatakan berharga lebih besar lagi dari itu. Diceritakan juga kalau ada fans yang masih pelajar yang mau memakai uang hasil kerja paruh waktunya dan pergi ke Nagoya untuk berfoto dengan Uramaru setiap bulan!

cosplayer muda

Saat hari perekaman, dikatakan kalau Uramaru menerima total pendapatan sebesar 277.000 Yen, itu termasuk dari sesi foto-foto dan juga dari penjualan merchandize. Dan ia mendapatkan 20-30 persen dari penjualannya.

Selain itu, setiap bulan ia dijadwalkan melakukan dua atau tiga sesi foto, dan juga muncul sebagai guest dalam acara radio dan desain karakter. Pada akhirnya, pendapatan yang didapatnya setiap bulan mencapai 300.000 Yen. Karena ia bagian dari agensi, walau dengan penjualan merchandize pendapatan perbulannya mayoritas stabil.

Tapi walau pendapatannya besar, hidupnya ternyata tak terlalu menghambur-hamburkan uang. Acara tersebut mengecek tempat tinggal Uramaru, dan ditunjukan kalau ia tinggal di Tokyo, di ruangan berukuran biasa dengan dapur, dengan biaya sewa 85.000 Yen per bulan. Tapi walau berukuran biasa, ruangannya dipenuhi dengan berbagai kostum cosplay miliknya. Dan kebanyakan hidupnya dengan memakan cup ramen 😀