Mina-san… Gokigen-yo… Mumpung masih berbau musim panas menuju gugur di Jepang, kita bahas yuk barang yang menjadi ciri khas pada musim panas jepang. Yap.. Furin desuu…

Mungkin mina-san sudah nggak asing lagi dengan benda unik ini, benda yang sering muncul di Anime ataupun Dorama pada saat musim panas. Wind Chime atau lonceng angin khas negeri sakura ini terbuat dari suatu bahan (biasanya kaca) yang dibentuk menyerupai bola dan diberi lubang serta pemukul lonceng kecil yang dikaitkan pada lembaran berupa kertas atau bahan lain di tengahnya.

Fuurin5

Furin sendiri dalam bahasa Jepang terdiri dari 2 kata, yaitu ‘Fuu’(風) yang artinya angin dan ‘Rin’(鈴) yang artinya bel/lonceng kecil. Furin ini akan berbunyi ketika ada angin yang berhembus menerpa lembaran di bawahnya. Dan suara yang dihasilkan oleh benda ini konon dapat menenangkan jiwa serta memberikan rasa sejuk pada jiwa orang yang mendengarkannya.. huwee jadi pengen beli buat di rumah….

furin_by_allisonpotter-d5hhni0

Sebenarnya benda ini bukan berasal dari Jepang lho. Aslinya dari China, dulunya digunakan oleh para peramal untuk menentukan masa depan berdasarkan arah angin dan bunyi. Lonceng unik ini datang ke negeri Jepang bersamaan dengan agama Budha, dan penerapannya ditempatkan di sudut/sekitar kuil untuk mengusir iblis yang ingin mengganggu…

pemasangan furin di kuil pada musim panas dan perayaan festival
pemasangan furin di kuil pada musim panas dan perayaan festival

Waah.. banyak banget ya kegunaan benda unyu ini. Eh.. ada satu lagi.. Furin juga sering digunakan pada proses Exorcism loh!

Apa itu Exorcism?? Sekadar info, Exorcism adalah proses pengusiran iblis/roh jahat yang menghuni seseorang/suatu tempat.. kalo Akiba-kei dan Akiba-chan pernah nonton anime Ao no exorcist pasti ga asing dong dengan kata ini..

Jadi selain memiliki fungsi estetis, lonceng angin ini juga memiliki fungsi ritus yang sangat erat dengan ritual kebudayaan yang ada di negeri Jepang. Seiring dengan perkembangan zaman, lonceng angin juga nggak mau kalah dengan barang-barang lain dong..

Furin mengalami perubahan yang up to date baik dalam segi material yang digunakan, maupun dalam segi design itu sendiri. Seperti ini contohnya seperti berikut:

Berbagai bentuk fūrin modern
Berbagai bentuk fūrin modern

Teknik pembuatan nya juga tidak mudah lho. Perlu latihan bertahun-tahun lamanya untuk bisa membuat furin yang ‘mempesona’. Tak jarang pula ada teknik pembuatan diwariskan secara turun-temurun oleh pengrajin-pengrajin terdahulu pada generasi berikutnya. Bahkan konon skill untuk membuat benda imut ini yang menghasilkan suara yang enak didengar hanya bisa diperoleh dari garis keturunan saja. Jadi nggak usah heran ya kalo biasanya tempat produksinya hanya berupa home-industry atau industry rumahan.

JAPANESE EDO FURIN WIND CHIMES

Untuk harga Edo Furin (salah satu jenis yang terkenal di Jepang) dibandrol sekitar ¥1.800 atau sekitar Rp 195.000,- lumayan juga ya harganya. Tapi tenang saja.. bagi mina-san yang memiliki budget tipis *mimin salah satunya* bisa mendapatkan lonceng angin dengan harga sekitar ¥108 di Daiso Japan. Yaitu toko yang menjual beraneka barang dengan harga yang sangat murah. Jadi bisa tetep punya lonceng keren tanpa menguras isi dompet.

Salah satu toko Daiso Japan
Salah satu toko Daiso Japan

Gimana? Akiba-ken dan Akiba-chan sekalian ingin beli buat dipasang di rumah? 😀

Comments

3 COMMENTS

Comments are closed.