Hari gini, ada berbagai macam pakaian pria yang fancy dan menarik di pasaran. Mulai dari outer, kaos, bahkan sampai hal privat macam celana dalam. Normalnya sih… karena sudah modern, banyak cowok termasuk di jepang yang lebih memilih celana dalam seperti boxer atau brief karena lebih dirasa nyaman… dan keren. Sampai-sampai mereka lupa bahwa kancut tradisional juga nggak kalah menawan. 😀 Nah disinilah Fundoshibu mulai beraksi!

Fundoshibu apaan? Mari kita bahas pelan-pelan. Pertama, Jepang juga punya pakaian dalam tradisional lelaki. Yaitu disebut FUNDOSHI atau bahasa gampangnya CAWAT. Kancut ini terbentuk dari sehelai kain katun. Bila dipakai seperti t-back dan berbentuk segitiga di depan. Kalau akibac-han dan akiba-kei bingung ini dia bentuknya. Tadaaaa…

Nah menyangkut kancut tradisional yang mulai punah ini, pada tahun 2016 lalu lulusan dari Tokyo Daigaku (東京大学/Todai) mulai membentuk Fundoshibu (ふんどし部). Yup, benar sekali. Fundoshibu adalah club alis perkumpulan yang mengedepankan tentang kancut tradisional jepang. Dan sampai saat ini karena club nya semakin besar akhirnya mereka membangun perusahaan resmi dan menjual fundoshi secara online. Tujuan utamanya sih tetep sama, mengenalkan pakaian tradisional kepada kawula muda dan seluruh dunia.

Ajegile…

Fundoshibu
Image by Hassyadai

Nggak cuman jualan aja loh. Dalam rangka kampaye kecintaan terhadap kancut tradisional, Fundoshibu sering menggelar berbagai event menarik. Salah satunya yaitu kemarin mereka mengadakan acara “memungut sampah bersama”. Acara ini digelar di Shibuya Sentagai, jalan tersibuk di Tokyo dan rencanya akan digelar rutin di beberapa tempat lain juga. Mereka juga bekerjasama dengan member Hassyadai untuk mewujudkan acara ini.

Direktur utama dari Fundoshibu, Takashi Noda mengatakan bahwa event yang ia gelar tidak semata-mata hanya untuk kampanye perusahaan. Tetapi juga agar dapat membuktikan pada masyarakat bahwa masih banyak pria keren yang cinta kebersihan kota.

“Ini nggak hanya baik untuk kami tapi baik juga untuk lingkungan” Tuturnya.

Dalam acara spesial ini kalian dapat melihat gerombolan cowok jepang sexy yang mondar mandir mungutin sampah HANYA dengan MEMAKAI KANCUT SAJA. Duoh, udah panas jadi makin panah tuh yang liat. 😀 Suksesss…. acara bersih-besih tersebut menyita banyak perhatian warga. Baik wanita maupun kaum pria.

Neh, akiba-chan dan akiba-kei. Banyak juga kan orang ganteng yang otaknya bener. meskipun agak nyeleneh sih. 😀 Kalau ketemu mereka apa yang akan kalian lakukan? Penulis sih mungkin udah mimisan duluan.