Kesalahan saat menulis atau Typo bisa ditemui bahkan sampai sekarang ini dimanapun juga. Kadang kesalahan tersebut bisa menyebabkan sesuatu jadi lucu dan kocak, atau kadang bisa juga menjadi sesuatu yang sangat tidak pantas, tergantung situasinya. Baru-baru ini hal tersebut juga terjadi pada channel televisi Jepang Fuji TV, yang sayangnya terlihat sangat tidak pantas, karena itu terjadi pada berita kebakaran KyoAni.

Seperti yang telah dikabarkan sebelum-sebelumnya, Studio Kyoto Animation terkena musibah beberapa minggu lalu dengan adanya kebakaran besar yang membakar gedung pertama studio itu, menyebabkan 35 orang luka parah dan 35 lainnya tewas. Kebakaran tersebut adalah salah satu yang terbesar di Jepang, dan yang terbesar dalam era Jepang baru Reiwa.

Pihak kepolisian Kyoto kemarin-kemarin telah memberikan 10 nama staff yang dikonfirmasi tewas, dan salah satunya adalah Takemoto Yasuhiro, staff KyoAni yang terlibat dalam anime Lucky Star, Kobayashi-san Chi no MaiDragon, Full Metal Panic Fumoffu, dan masih banyak lagi.

Dan baru-baru ini channel Fuji TV menayangkan berita mengenai kebakaran tersebut, dan dalam program Live News It dari channel itu, ada sesi wawancara yang dilakukan dengan teman sekelas SMA dari Takemoto Yasuhiro.

Akan tetapi kesalahan terjadi disitu, pada pojok kanan atas tayangan tersebut tertulis mengenai Kobayashi yang mengatakan “anna Aho/アホ inai” yang berarti “tak ada orang bodoh seperti dia”. Untungnya acara wawancara Jepang ada subtitle, dan tertulis kalau sebenarnya teman Takemoto itu mengatakan “anna Tensai/天才 imasen yo” yang berarti “tak ada seorang genius yang sepertinya”.

Dikatakan kalau kemudian pembawa berita Okudera Takeshi memberikan permohonan maaf ditengah penayangan, mengatakan kalau ada kesalahan text, dengan kata Aho/bodoh disitu seharusnya ditulis Tensai/genius.

Typo memang bisa terjadi juga dalam bahasa Jepang, dan sudah ada beberapa yang diberitakan, tapi ini termasuknya typo yang agak unik, karena kata originalnya dalam bentuk kanji dan typonya berbentuk katakana. Walau memang ada sediki~it kemiripan dalam bentuk katakana kata Aho dan kanji kata Tensai, tapi netizen tak begitu percaya kalau ini benar masalah typo.