Setelah 11 tahunan berjalan, seri manga apik Shingeki no Kyojin alias Attack On Titan akhirnya merilis chapter terakhirnya minggu lalu. Sebagai salah satu seri animanga terpopuler di Jepang dan luar saat ini, tak begitu mengherankan kalau akhir dari manga tersebut menjadi sesuatu yang besar. Dan itu terlihat dengan kabar kalau chapter final Shingeki sold out di Jepang, dan dirayakan dengan patung Titan besar di Yokohama.

Shingeki no Kyojin adalah seri manga buatan Isayama Hajime yang dimulai dari tahun 2009 lalu. Mengisahkan cerita apik penuh tragedi dalam dunia dimana umat manusia berperang melawan monster raksasa dengan latar belakang dan asal yang misterius yang datang untuk memburu dan memakan umat manusia.

Manga tersebut mendapatkan adaptasi anime yang dibuat oleh studio Wit yang dimulai pada tahun 2013 dan berlanjut sampai tahun 2019 sebanyak tiga season. Setelah itu diakhir tahun 2020 ini ditayangkan season keempat yang juga merupakan season terakhirnya yang berganti studio menjadi MAPPA yang tayang sampai bulan Maret, tapi akan lanjut lagi pada musim dingin depan.

Dan pada tanggal 9 April 2021 kemarin, manga tersebut merilis chapter terakhirnya. Sesama mangaka dan fans memberikan selamat akan akhir manga tersebut, dan tentunya banyak yang membeli untuk mengecek chapter final itu.

Tapi entah terduga atau tidak, isu majalah manga Bessatsu yang berisikan chapter itu dikabarkan sold out di berbagai toko di Jepang. Membuat Kodansha mengumumkan kabar “darurat” akan printing kedua dari isu majalah tersebut, yang akan datang ke berbagai toko buku di Jepang tanggal 30 April nanti.

Dan akhir besar manga tersebut dan juga penyelesaian penayangan dari part pertama season terakhir adaptasi anime Shingeki no Kyojin dirayakan juga di Yokohama. Dengan yang utamanya diadakan di lantai 69 Yokohama Landmark Tower dari tanggal 29 April sampai 30 Juni 2021.

Berbagai festival Shingeki ko Kyojin akan dilakukan juga di area Minato Mirai dalam periode itu, dan tempat-tempat seperti Sky Building akan memiliki atraksi bertema Shingeki, bahkan didirikan patung life-size Titan Eren. Dan selain itu dikatakan kalau pada masa Golden Week dari 29 April sampai 5 Mei akan dilakukan acara stamp rally berhadiah stiker, wallpaper HP, dan lain-lain lagi.