Tahun 2018 ini seri Ultraman membawakan seri baru dengan konsep unik, Ultraman R/B dengan karakter Ultraman Kembar. Sementara itu, sesama acara Tokusatsu, Kamen Rider, sudah memasuki babak akhir pada seri Kamen Rider Build, dan bersiap-siap untuk menayangkan seri penerusnya, yang juga merupakan seri Final Heisei Rider. Mari kita intip dan lihat kabar yang telah dirilis mengenai Kamen Rider Zi-O!

Kamen Rider ini adalah seri Kamen Rider era Heisei yang ke-20 dan yang ke-29 secara keseluruhan. Dan Kamen Rider ini memegang peran yang penting, karena penayangannya yang dilakukan dari September 2018 sampai tahun 2019, bertepatan dengan pergantian era negara Jepang, dengan abdikasi Kaisar Jepang Akihito.

Hal tersebut menjadikan Kamen Rider Zi-O sebagai Kamen Rider era Heisei terakhir. Selain itu, ini juga menjadikannya Kamen Rider Neo-Heisei ke-10, membuatnya mendapatkan perlakuan yang mirip dengan Kamen Rider Heisei ke-10, DeCaDe. Dengan Zi-O dari awal dapat memakai kekuatan Rider-Rider dari seri sebelumnya sebagai kekuatan utama.

Tema utama Kamen Rider ini adalah Jam dan Waktu. Dengan desainnya yang berdasarkan arloji, dan kata Zi disebut Ji, berasal dari kata Jepang Jikan yang berarti waktu. Dan ceritanya, yang baru saja diumumkan, adalah kisah time travel.

Seorang gadis misterius muncul dari sebuah mesin waktu didepan sang protagonis, yang berada pada tahun 2018. Gadis tersebut mengatakan ia berasal dari tahun 2068, dan ia datang untuk mengubah masa depan yang suram. Masa depan dimana sang protagonis adalah iblis yang menghancurkan dunia, Sang Raja Waktu, Zi-O.

Ini adalah kisah Kamen Rider yang bertarung untuk menyelamatkan Masa Lalu, Masa Kini, dan Masa Depan. Bertarung dengan menyelusuri waktu, dan bertemu dengan berbagai Kamen Rider dari masa-masa sebelumnya sepanjang sejarah.

Kamen Rider Zi-O

Telah diumumkan juga staff-staff yang terlibat. Sasaki Ryuuta sebagai sutradara, dan Shimoyama Kenta yang menangani screenplay, dan Sahashi Toshihiko yang menangani musiknya. Izubuchi Yutaka mendesain monsternya. Dengan Kanno Ayumi, Inoue Chihiro, Takebe Naomi, Shirakura Shinichiro sebagai produser, dan Sasaki Hajime sebagai Chief Produser.

Selain itu telah diperlihatkan juga kalau akan ada Rider kedua, bernama Kamen Rider Gates, dengan desain yang mirip tapi memiliki warna jingga dan kuning, tapi belum diberikan banyak info akan karakter tersebut. Begitu juga dengan detail karakter utama dan aktornya. Tapi dikatakan kalau awal Agustus nanti akan diumumkan lebih jelas dalam konferensi pers.