Suasana yang pahit manis membanggakan bagi fans seri sport manga JUMP Haikyuu. Part kedua dari season baru anime Haikyuu akhirnya dijadwalkan untuk dirilis bulan depan beberapa minggu lagi, tapi sementara itu manga original Haikyuu justru baru merilis chapter terakhirnya, setelah diberitakan dan diumumkan sejak beberapa minggu lalu. Nah bagi fans luar Jepang, kini telah dirilis resmi juga versi translasi dari final chapter Haikyuu manga tersebut!

Haikyuu adalah seri sport manga Shonen JUMP yang dibuat oleh Furudate Haruichi mengenai olahraga Volley. Mengisahkan seorang anak SMP bernama Hinata yang ingin menjadi pemain Volley yang hebat seperti idolanya.

Tapi ia dikalahkan oleh anak SMP yang juga pemain volley jenius bernama Kageyama, membuatnya bersumpah untuk mengalahkan Kageyama. Tapi takdir berkata lain saat keduanya lulus SMP dan ternyata masuk SMA yang sama dan masuk dalam tim yang sama.

Manga Haikyuu telah memasuki final arc sejak Oktober 2019 kemarin, dan telah diumumkan dalam isu 31 dari majalah manga Shonen JUMP yang dirilis dua mingguan lalu kalau klimaks dari final arc itu sudah dekat, tak lama setelah dua seri super populer JUMP lain, Kimetsu no Yaiba dan Yakusoku no Neverland, juga merilis chapter akhir dan menyelesaikan kisah mereka.

Isu 32 majalah manga JUMP yang dirilis minggu lalu kemudian merilis chapter klimaks manga Haikyuu, dan bersamaan dengan itu juga mengumumkan kalau chapter final dari manga Haikyuu dijadwalkan untuk dirilis dalam gabungan isu 33-34 majalah manga tersebut, pada tanggal 20 Juli dan dengan color page.

Dan sesuai dengan pengumuman tersebut, chapter 401 dan chapter 402 yang menjadi klimaks manga Haikyuu dan juga chapter terakhirnya, kini sudah dirilis! Dan bagi fans luar Jepang dapat bergembira karena keduanya telah ditranslasi ke bahasa Inggris juga dan bisa dibaca secara online, gratis, dan resmi melalui website Mangaplus dari Shueisha.

Selain itu, telah diumumkan juga kalau tanggal 4 Agustus 2020 nanti tankobon volume 44 manga Haikyuu akan dirilis, dan tankobon finalnya pada volume 45 dijadwalkan untuk dirilis tanggal 4 November, dan akan berisikan juga komentar dari tim anime Haikyuu, seperti Murase Ayumu sang seiyuu Hinata dan sutradara Sato Masako.