Siapa yang sudah menonton film Shinkai Makoto yang terbaru, Tenki no Ko alias Weathering With You? Film tersebut memberikan performance yang sangat bagus, walau kemudian mendapatkan saingan berat dalam box office Jepang dengan perilisan film One Piece Stampede dan Lion King Live-action Disney. Tapi meskipun begitu film tersebut tetap tampil kuat, apalagi baru-baru ini diumumkan kalau film itu juga dipilih masuk ke Oscar Academy Award.

Film Tenki no Ko mengisahkan Hodaka, seorang murid SMA yang bekerja sebagai penulis sebuah majalah occult. Tapi terjadi hal aneh di Jepang dimana hujan jadi turun terus-menerus. Kemudian ia bertemu dengan seorang gadis bernama Amano, yang memiliki kekuatan spesial yang dapat menghentikan hujan dan membawakan cuaca cerah.

Shinkai tak hanya terlibat sebagai sutradara tapi juga penulis naskahnya. Dengan Tanaka Masayoshi mendesain karakternya, Tamura Atsushi sebagai animation director, Takiguchi Hiroshi sebagai art director. Band RADWIMPS kembali terlibat lagi menangani musik film ini, kali ini dengan Miura Touko ikut menyanyikan vokal pada lagu tema yang berjudul Grand Escape.

Film tersebut dirilis di Jepang pada tanggal 19 Juli di Jepang dan 21 Agustus di Indonesia, dan tampil super sukses pada weekend pertama penayangannya. Dengan 3 hari pertama perilisan film tersebut berhasil menjual 1.159.020 lembar tiket, membuatnya meraup keuntungan sebesar 1.643.809.400 Yen. Lebih besar lagi dari peruntungan 3 hari pertama Kimi no Na wa.

Tak begitu mengherankan, dengan Kimi no Na wa yang sangat hit dan populer sampai mereka juga dipilih masuk jajaran konsiderasi Oscar Academy Award untuk Best Animated Feature Film beberapa waktu lalu, Tenki no Ko juga mengalami hal yang serupa.

Dengan Asosiasi Pembuat Film Jepang mengumumkan kalau film Tenki no Ko dipilih masuk ke Academy Award ke-92 sebagai film perwakilan negara Jepang dalam kategori Best International Feature Film. Ini adalah film anime ketiga yang terpilih setelah film Pom Poko dan Mononoke Hime, dan juga film anime pertama yang bukan karya Ghibli. Semoga menang ya mina-san 😉