Pandemik virus corona memang suasananya saat ini tidak separah tahun lalu saat pandemik itu baru mulai meleduk, dan membawa dampak besar bagi dunia animanga dan film di Jepang dengan banyak projek yang jadi diundur perilisannya. Tapi walau tahun ini ada perkembangan yang terjadi, masih bisa saja ada kabar pengunduran karena virus tersebut, seperti yang baru diumumkan untuk film Shin Ultraman.

Shin Ultraman adalah film Ultraman yang melibatkan creator anime Evangelion, Anno Hideaki, yang berperan sebagai penulis naskah dan juga menjadi produser melalui studio Khara miliknya. Dan melanjutkan kerjasama sejak film Shin Godzilla, Anno juga mengajak Higuchi Shinji dalam projek ini sebagai sutradaranya.

Untuk cast, diumumkan kalau Saito Takumi akan berperan sebagai pria yang dapat berubah jadi Ultraman, tapi nama karakternya tak diberikan. Selain itu ada Nagasawa Masami dan Nishijima Hidetoshi. Dan juga Yamamoto Kouji, Tanaka Tetsushi, Arioka Daiki, Hayami Airi, Iwamatsu Ryou, Wada Toshihiro, Matsuoka Toru, Shimada Kyuusaku, Nagatsuka Keishi, Yamazaki Hajime.

Sebelumnya dikatakan kalau karena Anno sibuk menyelesaikan film Shin Evangelion, ia tak bisa langsung bergabung terlibat dalam projek Shin Ultraman, dan ia akan benar-benar bergabung setelah film Shin Evangelion selesai dan dirilis. 

Dan sepertinya pandemik coronavirus yang mengundurkan penayangan film Shin Evangelion sampai beberapa kali dalam tahun 2020 lalu juga mempengaruhi hal tersebut. Karena setelah akhirnya Shin Evangelion dirilis beberapa hari lalu, kini malah diumumkan kalau film Shin Ultraman jadi kena delay penayangannya, dengan pandemik coronavirus menjadi alasannya.

Awalnya film tersebut dijadwalkan untuk dirilis pada musim panas tahun 2021 ini, akan tetapi kini jadwalnya diundurkan pada tanggal yang belum ditentukan. Untuk merefleksikan hal tersebut, trailer pertama film tersebut telah diedit ke versi baru yang tak menunjukkan jadwalnya.

Staff film Shin Ultraman mengatakan kalau mereka akan memberikan tanggal barunya nanti setelah ditentukan. Kasihan ya Anno sensei, yang sampai sekarang masih saja projeknya kena masalah dalam perilisan karena virus tersebut. Tapi yaa setidaknya film Shin EVA akhirnya tak hanya berhasil rilis tapi juga super sukses!