Tahun ini menjadi tahun yang seru bagi negara Jepang dengan maraknya Olimpiade Tokyo dan banyaknya anime-anime seru yang dirilis… seharusnya πŸ™ karena dengan wabah virus corona, tak hanya olimpiade Tokyo jadi diundur, tapi juga perilisan banyak projek anime. Diantaranya adalah penutup dari Rebuild of Evangelion terakhir, film Shin EVA yang diumumkan ditunda penayangannya karena virus tersebut.

Shin Evangelion yang judulnya juga bisa disebut Evangelion 3.0+1.0 adalah film keempat dari projek Rebuild of Evangelion, yang merupakan reboot seri anime Evangelion buatan Studio Gainax yang pertama tayang tahun 1995-1996. Projek film Rebuild ini disutradai oleh creator Evangelion, Anno Hideaki, melalui studio Khara miliknya.

Dengan projek Rebuild of Evangelion yang dikatakan berbentuk Tetralogi alias seri empat film, Shin Evangelion akan menjadi film terakhir dan penutup dari Rebuild, yang telah dimulai sejak tahun 2007 dengan Evangelion 1.0 You Are [NOT] Alone, lalu Evangelion 2.0 You Can [NOT] Advance, dan yang terbaru sebelum ini yaitu Evangelion 3.0 You Can [NOT] Redo.

Dan setelah lama menunggu akhirnya diumumkan kalau film tersebut dijadwalkan untuk tayang pertama pada tanggal 27 juni 2020 di Jepang… seharusnya, karena baru-baru ini diberikan kabar update pahit manis film tersebut.

Kita mulai dari yang pahit dulu, dengan permohonan maaf tertulis dari Anno Hideaki karena film Shin Evangelion ditunda penayangannya, yang disebabkan oleh wabah virus corona, dan sayangnya tanggal barunya belum bisa diberikan, hanya dikatakan kalau jadwal penayangannya jadi bertuliskan Coming Soon.

Kabar yang sudah bisa diduga, walau memang penayangannya bisa terbilang agak lama jika melihat keadaan masa darurat corona Jepang yang berlangsungnya sampai awal Mei, sedangkan film itu dari awal dijadwalkan bulan Juni.

Tapi ada yang sedikit manis juga, karena bersamaan dengan pengumuman penundaan penayangannya, diberikan juga ilustrasi visual baru film tersebut, bergambarkan Shinji yang berdiri diatas rel kereta api. Dan juga diberikan judul Inggrisnya, yaitu Thrice Upon a Time, dan dengan tagline yang mengatakan Bye-Bye all of EVANGELION.