Siapa yang tak tau dengan GHIBLI, Studio dengan nama agak aneh ini sudah dikenal seantero dunia berkat anime-anime buatan mereka yang memang bikin susah move on. Terutama yang pembuatannya ditangani langsung oleh sang maestro Hayao Miyazaki. Beperapa deret anime sakral penuh makna yang masih diingat para fans sampai sekarang diantara adalah Tonari No Totoro, Howls Moving Castle, Spirited Away, Nausicaa, Mononoke Hime, bahkan yang katanya karya terakhir beliau dengan judul Kaze Tachinu berhasil meporakporandakan kokoro.

Yep, sutradara legendaris Hayao Miyazaki menggelar konferensi pers tentang kesungguhannya menutup karir pada pertengahan tahun 2013. Setelah kabar buruk tersebut mencuat, fans berduka karena beranggapan bakal nggak ada lagi ciri khas anime yang dihasilkan Ghibli kedepannya, baik dari sisi pesan moral mauapun kualitas alur cerita yang nggak biasa meskipun duet Isao Takahata dkk masih dapat merilis Kaguya Hime dan Omoide No Marnie dengan lancar dibawah nama Studio Ghibli.

Namun dengan berhentinya Hayao Miyazaki dari dunia “Ghibli” seolah membuat para fans lebih bermulut ‘pedas’ dalam melihat karya-karya Ghibli di tahun selanjutnya. Sampai pada akhir tahun 2015 lalu menyeruak kabar film baru yang akan dibuat Ghibli untuk perilisan 2016 menjadi perdebatan panas. Film dengan judul RED TURTLE tersebut akan menjadi debut tanpa campur tangan Miyazaki-Sensei sama sekali bahkan tidak melibatkan Takahata yang notabenenya dianggap sebagai penerus Miyazaki-Sensei (Lain halnya dengan Kaze Tachinu atau Marnie yang sejak awal sebelum Miyazaki-Sensei hengkang pun sudah direncanakan digarap oleh sutradara berbeda) .

Sekian bulan tak memperlihatkan progress jelas, akhirnya kemarin melalui official mereka merilis video trailer pertama.

Ghibli new film Red Turtle

Trailer ini menjadi tamparan keras bagi sebagian orang yang meremehkan Ghibli tanpa Miyazaki. Dengan menggaet team featuring dari Prancis, akhirnya debut ini terwujud. Film Red Turtle digarap dua team berbeda yakni Ghibli Jepang pada posisi animasi serta Ghibli Prancis dalam bagian komposisi cerita & naskah. Memang kelihatannya tipis, tetapi bila kalian menyempatkan sebentar saja untuk lebih jeli saat menonton video dibawah ini kalian akan menemukan ciri khas Ghibli yang seolah hidup kembali.

Red Turtle, mengisahkan tentang seorang manusia yang terdampar di pulau tanpa tuan. Semakin hari ia semakin putus asa meskipun kebutuhan untuk bertahan hidup masih melimpah. Suatu hari saat ia hendak pergi dari pulau tersebut gagal karena ulah kura-kura berwarna merah. Mersasa kecewa dan putus asa muncullah seorang wanita berambut merah dari tengah lautan (yoh, tebak aja, ini pasti kura-kura tadi 😀 ). Mereka akhirnya hidup bersama dan memiliki anak, hingga akhirnya datang bencana tsunami menyapu pulau itu. Dan mereka terpisah dengan sang putra satu-satunya…. Akankah sang kura-kura merah membongkar identitas aslinya?

Jujur, pada saat melihat trailer diatas terlintas bakalan jadi film yang membuat kokoro lelah, siapkan banyak tisu karena kayaknya bakalan nemu ending menguras air mata 😀