Dunia nampaknya memang tak lepas dari drama. Mulai dari drama korea dan jepang yang penuh lelaki tampan. Drama korea utara yang bikin pemerintah jepang pusing. Sampai drama antar fandom yang sering terjadi. Dan dunia cosplay + animanga pun ikut meramaikan. Baru-baru ini muncul gonjang ganjing tentang sebuah film mandarin yang dinilai “kurang benar” karena konon katanya, menggunakan beberapa kostum Touken Ranbu tanpa izin.

Baca Juga: Korut Tembak Area Tohoku, Gemparkan Sirine Anti Nuklir Jepang

Ialah Vampire Killers Alliance (捉妖者联盟). Dalam beberapa cuplikan yang diposting oleh akun facebook bernama Daphne Ha, terlihat beberapa tokoh Vampire Killers Alliance memakai baju mirip kostum Touken Ranbu. Seperti Tsurumaru Kuninaga, Mikazuki Munechika, Gokotai dan Ichigo. Daphne Ha, yang penulis asumsikan sebagai fans berat game keluaran DMM ini juga menambahkan keterangan berbunyi

“Please share to your friends and let other people know that these drama had copied some of the designs of touken ranbu and without permission.”

Menandakan bahwa film mandarin tersebut tidak memiliki izin resmi dari DMM untuk menggunakan design kostum mereka.

Namun sejatinya tidak ada yang tahu apakah creator dari filmnya emang udah minta izin apa belom. Karena tak ada cuitan apa-apa dari sang pemilik design. 😀 Vampire Killers Alliance sendiri sudah tayang sejak tahun 2016. Dan selama ini tidak ada sorotan tentang mereka (atau emang karena nggak ada yg nyadar sama kemiripan design kostumnya).

kostum touken ranbu
nah ini filmnya 😀

Menanggapi postingan yang viral sejak tangal 21 Agustus tersebut, fans Touken Ranbu pun akhirnya turut bicara. Ada sebagian yang marah, merasa tidak terima kostum husbando kesayangannya dipake oleh film bergenre horror tersebut. Ada juga yang biasa aja, malah menanggapinya dengan canda ceria. Kebanyakan fans Touken Ranbu di Indonesia pun tidak begitu ambil pusing.

Mereka mungkin memaklumi karena kostum-kostum tersebut dapat dipesan secara online lewat market place ternama yaitu T*obao. “uwowo lagi diskonan sih wkwkwk” ujar salah satu netizen lewat kolom komentar.

Sampai berita ini dimuat belum ada klarifikasi baik dari pihak pengunggah post, film maupun DMM. Yah sepertinya masih adhem aja. Meskipun aslinya penulis rada sakit mata liat kostum jiji dipake sama makhluk gundhul 😀 Semoga ternyata hanya salah paham. Mengingat film tersebut dikomersilkan, mungkin bakal lebih baik bila sudah mengantongi izin dari sang empunya. Peace 🙂

Comments

Loading...