Film Kimetsu no Yaiba Mugen Train menjadi film dan anime paling booming di Jepang saat ini, dengan film tersebut telah berminggu-minggu sejak debutnya menempati posisi nomor satu dalam list box office bioskop Jepang. Akan tetapi sebuah keajaiban terjadi akhir minggu kemarin, karena setelah data box office dihitung, akhirnya rekor nomor satu dari film tersebut dipatahkan! Yaitu oleh… film Gintama Final!?

Film Kimetsu no Yaiba Mugen Train adalah sequel dari seri anime Kimetsu no Yaiba yang tayang tahun 2019 lalu. Anime yang dibuat studio ufotable tersebut merupakan adaptasi dari manga JUMP dengan judul sama karya Gotouge Koyoharu yang telah tamat pada bulan Mei 2020 kemarin. Tapi meskipun manga itu tamat, popularitasnya malah makin besar saja.

Dan kepopulerannya mencapai ledakan terbesar dengan perilisan film tersebut, dengan angka keuntungannya memecah berbagai rekor, dengan pencapaian terbesarnya terjadi dalam minggu akhir tahun 2020, dimana mereka berhasil mengalahkan film anime Spirited Away buatan studio Ghibli dan menjadi film dan anime nomor 1 di Jepang.

Akan tetapi seperti yang dikatakan diawal, hal mengejutkan terjadi, dimana setelah 12 minggu film itu berada dalam list nomor 1 box office Jepang sejak perilisannya, akhirnya mereka diturunkan pada posisi nomor 2 diakhir minggu lalu.

Dan yang mengalahkannya, adalah film dari senpai manga JUMP mereka, Gintama, yang dirilis pada tanggal 8 kemarin. Film tersebut memiliki judul Gintama The Final yang merupakan adaptasi kisah akhir manga Gintama dan bisa dibilang menjadi penutup seri anime Gintama.

Extra koplak karena perilisan film Gintama itu juga menggaet seri Kimetsu, dimana penonton Jepang berkesempatan dapat kartu ilustrasi karakter Kimetsu yang digambarkan oleh Sorachi Hideaki sang mangaka Gintama. Dan kocak lagi karena ia menggambarkan karakter Kimetsu Himejima sebagai Gintoki yang cosplay jadi karakter itu karena keduanya diperankan Sugita Tomokazu.

Dan khas dengan seri Gintama yang suka mengejek sesama seri JUMP, ilustrasi tersebut diberi nama Kintama no Yaiba, dengan kata kintama berarti buah pelir 😀 dan selain itu promo baru ilustrasi itu dituliskan “Pertempuran akhir para Pillar! Walau gak semua terlibat” membercandai kalau tidak semua Pillar muncul dalam film Kimetsu.