Masuk bulan oktober saatnya tebar yang horror yeaaah! Duluu banget kayaknya mimin pernah update film horor jepang paling menjijikkan. Buat akiba-chan dan akiba-kei yang belum baca, coba klik link nya DISINI. Nah kalau udah, saatnya kita simak beberapa film horor jepang lawas yang ternyata juga nggak kalah serem sama film jaman sekarang. 😀

For you! Akiba-chan dan akiba-kei pecinta kengerian, mimin persembahkan 7 film horor jepang lawas dibawah ini:

1 – A PAGE OF MADNESS (1926)

Bahasa lainnya ialah 狂った一頁 (Kurutta Ippeji / Kurutta Ichipeiji) adalah film horor jepang lawas pada tahun1926. Film bisu ini ditemukan kembali pada tahun 1971 oleh Kinugasa di sebuah gudang penyimpanan.  Yasunari Kawabata yang memenangkan nobel prize untuk literatur di tahun 1968, tercatat sebagai penulis cerita dalam film ini.

Film ini berlatar tempat sebuah rumah sakit jiwa di pedesaan. Seorang wanita muda yang datang di rumah sakit terkejut melihat sang ayah bekerja sebagai seorang petugas kebersihan. Sang petugas kebersihan merasa bersalah terhadap ibunya sehigga ia mengambil pekerjaan di rumah sakit untuk menjaga istrinya.  Sebenarnya cerita ini tidak terlalu mengerikan, hanya saja pencitraan, editing, dan scene kemarahannya benar-benar bisa bikin kita juga jadi gila.

 

2 – JIGOKU (1960)

Jigoku (地獄/neraka) merupakan film horor jepang lawas yang menceritakan tentang Shiro, seorang mahasiswa teology yang mengalami kesialan beruntun. Ada pembunuhan, sex, pencurian, kematian, bunuh diri, kelalaian, kecelakaan mobil dan ketidakjujuran semua hal itu terikat dalam semua karakter yang berhubungan dengan Shiro.

Shiro dan juga temannya walapun saling membenci mendapati diri mereka berada di Jigoku, mereka harus bertemu dengan para setan dan penyiksaan. Ketika perjalanan Shiro untuk melalui dunia bawah. Dia bertemu dengan member keluarganya, teman, dan orang-orang yang bersalah. Dia dihadapkan oleh penyesalan dan rahasia yang telah disembunyikan oleh orang yang ia cintai.

 

3 – KWAIDAN (1964)

Merupakan antology film horor jepang. Cerita dalam film ini berdasarkan koleksi cerita mitos Jepang Lafcadio Hearn. Dalam film ini terdapat 4 cerita yang berbeda dan tidak berhubungan. Adapun cerita di dalamnya adalah:

  • Kurokami : menceritakan seorang samurai yang meninggalkan istrinya untuk wanita yang lebih kaya dan lebih banyak koneksi, hingga akhirnya sang samurai menyesali tindakannya tersebut.
  • Yuki onna: seorang pemuda pemotong kayu melihat pembunuhan yang dilakukan oleh youkai Yuki Onna.Yuki Onna memberikan pengampunan asalkan sang pemuda tidak mengatakan apa yang ia lihat pada siapapun. Tak lama setelah itu sang pemuda bertemu dengan seorang gadis yang mirip dengan sang youkai lalu jatuh cinta pada gadis itu.

  • Miminashi Houichi no Hanashi: bercerita tentang Houichi seorang pemain biwa yang buta. Ia juga jago dalam bernyanyi “kisah Heike”, yaitu sebuah lagu tentang pertempuran Dan-no-ura. Kepopuleran Houichi membuatnya dipanggil oleh keluarga kerajaan untuk bermain beberapa malam. Namun temannya takut jika orang-orang yang akan ia hibur bukanlah seorang manusia.
  • Chawan no Naka: menceritakan tentang seorang penulis yang terus melihat wajah di dalam cangkir tehnya.

Kwaidan tercatat memenangkan penghargaan “Special Jury Prize” pada fesstival film Cannes 1965 serta mendapatkan Academy Award untuk nominasi “Best Foreign Language Film”.

 

4 – ONIBABA (1964)

Disebut jugan dengan judul Nenek Setan. merupakan historikal drama juga film horor Jepang. film berlatar belakang era perang sipil di abad ke 14 Masehi. Film ini diperankan oleh Otowa Nobuko dan Yoshimura Jitsuko. Mereka memerankan karakter dua orang wanita yang membunuh para tentara untuk mencuri barang milik mereka.

Kisah onibaba berpusat pada seorang wanita tua dan anak mantu perempuannya. Mereka membuat penghasilan mereka dari membunuh para tentara dan menjual senjata, armor, dan barang-barang mereka. Semuanya menjadi semakin rumit ketika tetangga mereka kembali dari perang. Ia menjelaskan bahwa putra dan suami yang mereka tunggu untuk kembali dari medan perang telah tewas dalam pertempuran. Mereka bertiga kemudian menjalin sebuah hubungan dan tetangganya kemudian ikut dalam rencana pembunuhan mereka.

 

5 – KURONEKO (1968)

Judul aslinya 藪の中の黒猫 atau bisa disebut “Kucing hitam”. Merupakan film horror jepang lawas yang diproduksi dalam bentuk hitam putih. Film Kuroneko ini merupakan film hasil adaptasi dari cerita rakyat supernatural.

Berlatar belakang di tengah-tengah perang sipil, jaman Heian. Film ini berkisah tentang balas dendam  Roh dari seorang wanita dan juga menantu perempuannya yang mati karena kejadian brutal yang menimpa mereka.

 

6 – HAUSU (1977)

House (ハウス Hausu) merupakan film yang berkisah tentang seoran gadis sekolah yang bertamasya dengan enam orang teman sekelasnya. Mereka bertamasya ke rumah bibinya yang sedang sakit di pedesaan. Dan disanalah mereka mulai diteror oleh kejadian supernatural yang terjadi di rumah tersebut. Satu per satu dari teman mereka menghilang ditelan oleh rumah tersebut.

 

7 – TETSUO: THE IRON MAN (1989)

Jangan salah, ini bukan iron man ganteng dari Marvel lho ya. 😀 tetapi merupakan film horror jepang lawas dengan tema cyberpunk. Ceritanya berpusat pada  seorang pria yang memiliki luka besar dikakinya. Ia melihat seekor belatung di lukanya, dan berteriak panik lalu lari ke jalan hingga akhirnya ia tertabrak mobil.

film horor jepang lawas

Sang pengemudi mobil yang seorang sallaryman dan juga pacarnya berusaha untuk menutupi kejadian tersebut dengan membuang mayatnya ke jurang. Tetapi mayat itu malah berusaha untuk balas dendam dengan membuat tubuh sang sallaryman  berubah menjadi besi. Perubahan ini mulai sang salaryman rasakan ketika ia menemukan sebuah benda metal yang ada di pipinya ketika ia sedang bercukur. Ia berusaha menghilangkannya tetapi kemudian ia menyadari jika benda tersebut tumbuh dari dalam tubuhnya.