Seri manga Gintama memang sudah tamat sejak beberapa waktu lalu, tapi hanya karena tamat bukan berarti selesai, karena seri itu masih memberikan kabar. Contohnya adalah untuk anime Gintama, yang telah diumumkan memiliki projek anime baru lagi. Dan baru diberikan update lagi akan anime tersebut. Yaitu berupa perilisan sebuah gambar visual baru yang keren dan juga info mengenai cerita film tersebut.

Gintama berawal sebagai manga history sci-fi comedy buatan Sorachi Hideaki yang diserialisasikan dalam majalah manga Shonen JUMP yang pertama dimulai tahun 2003. Akan tetapi dikarenakan situasi “menarik” dari akhir manga Gintama, chapter akhir dan epilognya dirilis pada majalah manga Jump lain, Jump Giga, dan kemudian juga dirilis online via app Gintama.

Manga tersebut juga telah diadaptasi menjadi seri anime, yang pertama diproduksi oleh studio Sunrise yang tayang selama tahun 2006-2013 dengan beberapa break musiman berjumlah total 265 episode. Kemudian dibuat sequel yang tayang tahun 2015-2018 yang dibuat oleh Bandai Namco Pictures sebanyak 102 episode yang terbagi jadi beberapa cour.

Animanga Gintama juga memiliki dua anime movie. Tapi akan ada lagi yang baru, karena telah diumumkan juga kalau ada 2 anime Gintama baru tahun 2021 nanti, satu berupa film dan satu lagi berupa net anime pendamping film tersebut.

Film tersebut diberi judul Gintama The Final, dan dari teaser trailer yang dirilis sebelum ini dikatakan kalau film itu “Benar-Benar” akan jadi finale dari Gintama. Walau mengingat lika-liku tamatnya manga Gintama dan cara pengumuman itu diberikan pada teaser trailer koplak tersebut, hal itu sedikit dipertanyakan 😀

Yang jelas, judul anime tersebut tetap sesuai, karena baru diumumkan lagi kalau kisah film anime Gintama The Final akan berdasarkan finale dari manga originalnya, tapi dikatakan akan ada beberapa elemen original juga. Suasana momen finale makin terasa lagi dengan gambar visual yang digambarkan oleh Sorachi Hideaki sang mangaka.

Visual itu menampilkan Yorozuya, Shinsengumi, dan kawan-kawan dan karakter sampingan lain bersorak, dengan tagline Bye Bye Gin-san. Film Gintama The “final” tersebut dijadwalkan untuk tayang di bioskop Jepang pada tanggal 8 Januari 2021 nanti.