Setelah beberapa kali menipu fans, seri manga Gintama akhirnya benar-benar-benar tamat tahun lalu. Dan lumayan pantas kalau akhir dari manga tersebut dirayakan, dengan adaptasi final untuk anime Gintama juga. Dan film Gintama final anime tersebut baru memberikan update baru, dengan merilis PV yang tak hanya kocak tapi juga apik, dan juga dengan cerdiknya menggaet seri tetangganya yang sedang meleduk, Kimetsu no Yaiba.

Gintama berawal sebagai manga history sci-fi comedy buatan Sorachi Hideaki yang diserialisasikan dalam majalah manga Shonen JUMP yang pertama dimulai tahun 2003. Akan tetapi dikarenakan situasi “menarik” dari akhir manga Gintama, chapter akhir dan epilognya dirilis pada majalah manga Jump lain, Jump Giga, dan kemudian juga dirilis online via app Gintama.

Manga tersebut juga telah diadaptasi menjadi seri anime, yang pertama diproduksi oleh studio Sunrise yang tayang selama tahun 2006-2013 dengan beberapa break musiman berjumlah total 265 episode. Kemudian dibuat sequel yang tayang tahun 2015-2018 yang dibuat oleh Bandai Namco Pictures sebanyak 102 episode yang terbagi jadi beberapa cour.

Animanga Gintama juga memiliki dua anime movie. Tapi akan ada lagi yang baru, dengan diumumkannya 2 anime Gintama baru. Satu berupa film yang dijadwalkan tayang pada awal bulan Januari tahun 2021 dan satu lagi berupa net anime pendamping film tersebut.

Dan bicara soal anime baru tersebut, telah diberikan update baru berupa trailer lagi. Setelah trailer sebelumnya memperdengarkan lagu tema oleh SPYAIR, trailer baru ini memperdengarkan insert song yang dinyanyikan oleh band DOES berjudul Douraku Shinjou.

Dan tak hanya itu, dengan diumumkan kalau penonton film tersebut di bioskop pada minggu pertama penayangannya akan dapat bonus, yaitu berupa kartu gambar karakter Tanjiro dan para Hashira dari seri Kimetsu no Yaiba yang digambarkan oleh Sorachi Hideaki sang mangaka Gintama.

Entah licik atau cerdik yang koplak melihat Gintama menggaet Kimetsu no Yaiba, melihat betapa besar meleduknya popularitas animanga tersebut saat ini, tapi memang keduanya lumayan terhubung karena sama-sama diserialisasikan oleh JUMP dan karakter Pillar Batu Himejima Gyomei juga diperankan oleh Sugita Tomokazu seiyuu Gintoki.