Dari jaman dulu memang sudah ada lumayan banyak karya-karya Jepang yang diminati oleh penonton Internasional. Tak hanya animanga dan game, tapi juga berbagai seri dorama, music, dan film live-action. Bahkan beberapa film hit Hollywood ada yang asal inspirasinya dari Jepang. Dan itu terlihat juga pada sebuah list yang dibuat oleh BBC baru-baru ini, yaitu dalam list yang berisikan 100 Greatest Foreign Language Film.

Sesuai namanya, list ini adalah untuk 100 film terhebat yang kontennya tidak berbahasa Inggris. Tentu tak hanya negara Jepang saja, dengan total film dari 24 negara yang masuk. Dari film-film berbahasa Mandarin sampai yang dari negara Eropa lain.

Dari list ini, negara yang paling banyak masuk adalah Prancis, kemudian diikuti oleh China, dan kemudian oleh Prancis dan Jepang. Tapi kita focus ke yang Jepang saja, mina-san dapat melihat list lengkapnya dalam website BBC.

Total ada sampai 11 film Jepang yang masuk, diantaranya; Floating Cloud (rank 95) oleh Naruse Mikio, Story of the Last Chrysanthemum (rank 88) dan Ugetsu (rank 68) dan Sanshou of the Bailiff (rank 61) oleh Mizoguchi Kenji, Late Spring (rank 53) dan Tokyo Story (Rank 3) oleh Ozu Yasuhiro.

Tapi ada dua nama yang menarik dalam list ini. Kita para fans anime bisa merasa extra bangga karena diantara semua film ini ada satu anime yang berhasil masuk disini. Anime yang juga menjadi satu-satunya anime pemegang penghargaan Oscar, Spirited Away buatan Studio Ghibli yang disutradai oleh Miyazaki Hayao yang menempati rank 37.

Selain itu, bagi dunia cinema ada satu nama yang tak mungkin tak masuk dalam list macam ini, Kurosawa Akira. Salah satu sutradara terkemuka dalam dunia perfileman internasional. Dan sampai empat film yang disutradainya yang masuk.

Ada Ran pada rank 79, Ikiru pada rank 72, dan Rashomon pada rank 4. Tapi yang tahu dunia film Jepang pasti tahu akan film maha klasik buatan Kurosawa yang berjudul Shichinin no Samurai alias Seven Samurai. Tentu film itu juga masuk, dan yang lebih hebat lagi, film itu menempati posisi nomor 1, menjadikannya The Greatest Foreign Language Film di list ini.

Comments