Tahun ini fans Doraemon di Indonesia dapat bersenang-senang dan bernostalgia dengan game Doraemon baru bergaya Harvest Moon untuk Nintendo Switch yang juga akan dirilis di Asia Tenggara untuk PC via Steam. Tapi kabar seru tak hanya itu, karena telah diumumkan kalau film Doraemon 2019 ini, juga akan tayang di Indonesia. Dan telah diumumkan tanggal penayangannya, yaitu pada bulan September!

Film Doraemon 2019 tersebut adalah Eiga Doraemon no Nobita no Getsumen Tansaki atau Chronicle of Moon Exploration. Sesuai dengan judul itu, kisahnya mengenai petualangan Nobita, Doraemon, dan kawan-kawan, menjelajahi bulan, dimana Nobita berusaha membuktikan legenda Jepang kalau ada kelinci yang tinggal di bulan.

Yakuwa Shinnosuke adalah sutradara film tersebut, yang sebelumnya juga terlibat dalam movie Doraemon 2016, Nobita and the Birth of Japan. Dengan naskah yang ditulis oleh author misteri pemenang penghargaan Naoki Award, Tsujimura Midzuki. Dan Hirai Dai yang menyanyikan theme song berjudul The Gift.

Nobita dkk masih disuarai seiyuu yang sama, dengan tambahan guest seiyuu seperti artis Hirose Alice sebagai karakter baru Ruka, Nakaoka Souichi sebagai Cancer, Takahashi Shigeo sebagai Crab, Yagira Yuuya sebagai Godard, dan Yoshida Koutaro sebagai Diablo.

Film tersebut telah dirilis duluan di Jepang pada tanggal 1 Maret kemarin, dan memberikan performance yang sangat bagus disana. Dengan Nobita no Getsumen Tansaki menjadi film Pokemon pertama yang merajai box office Jepang selama 6 minggu berturut-turut sejak seri film Doraemon dimulai dari tahun 2004 lalu.

Dan muncul kabar bahagia, karena film tersebut juga akan dirilis di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Dan yang membawakannya, masih distributor yang dapat dihandalkan dalam membawakan film Jepang ke Asia Tenggara, Odex, yang baru-baru ini telah memberikan tanggal penayangan film tersebut.

Film ini juga akan dirilis di Singapore, Malaysia, dan Filipina pada bulan Juni dan Juli. Untuk penayangan di Indonesia sih yaa memang lebih lama pada bulan September, tapi tetap sesuatu yang yahut 😉 sedangkan untuk harinya, adalah pada tanggal 14 September untuk Fanscreening, dan tanggal 25 September untuk penayangan umum.