Ingat Studio Ghibli pasti ingat Hayao Miyazaki. Nah awal tahun kemarin mimin sepertinya sudah menginfokan kepada kalian bahwa sang legendaris ini sedang menggarap satu anime lagi berjudul Kemushi No Boro (毛虫のボロ) alias Boro The Caterpillar. Film Boro ini direncanakan tayang pada 21 Maret 2018. Menjelang seminggu sebelum premiere, kemarin, official webistenya mengunggah beberapa poster sekaligus berita baru.

Ini merupakan anime CG pendek berdurasi 14 menit 20 detik yang premiere nya tertunda sejak tahun 2013 lalu. Film Boro ini menceritakan tentang seekor ulat bulu yang baru saja menetas. Ulat bulu yang diberi nama Boro ini membuka mata fresh nya kepada dunia dan berpetualang. Bertemu dengan banyak teman dan juga musuh yang mengincar jiwanya….

Untuk poster barunya yang super cute bisa akiba-chan dan akiba-kei lihat dibawah ini:

Official website dari film Boro juga turut memberikan info baru melalui preview screening di Ghibli Museum hari rabu kemarin. Mereka akan bekerjasama dengan Joe Hisaishi sebagai pembuat musik berupa alunan piano untuk edingnya. Tau kan? Joe merupakan partner Miyazaki dalam hal musik di hampir seluruh anime yang ditanganinya.

Lalu ada juga komedian Tamori yang ditunjuk sebagai pengisi soundtrack fullnya. Termasuk kontribusi suara ulat bulu real dan efeknya. Dalam screening itu beberapa media besar diberi kesempatan untuk melontarkan pertanyaan kepada sang kreator. Dan hasilnya dalah berupa pernyataan Miyazaki berikut ini.

Miyazaki adalah kreator tunggal. Ia mengkonsep, menulis dan menyutradarsi sendiri film Boro the caterpillar. Ia juga turut membeberkan bahwa ide ini datang saat ia masih duduk di sekolah dasar sekitar 67 tahun yang lalu. Saat itu ia sedang praktek fotosisntesi dan menjadi sangat tertarik dengan seekor ulat yang dilihatnya. Terkahir, Miyazaki sangat berterimakasih kepada rekan kerjanya (Joe dan Tamori) yang katanya, tanpa mereka film Boro ini tidak akan pernah ada.

film boro
suasana preview film boro

Boro the Caterpillar debut di museum mulai 21 Maret sampai akhir Agustus 2018. Selama itu, pengunjung dapat film ini. Pemutaran dilakukan sehari sekali. Selain bersiap untuk pemutaran Boro, Miyazaki juga sedang mengerjakan film kolaborasi bejudul Kimi-tachi wa Dou Ikiru ka. Tapi mengenai kolaborasi tersebut ia berkata mungkin baru bisa rilis 3 tahun kedepan karena dikerjakan dengan sangat hati-hati demi menghormati pencipta salinya.