Akhir minggu kemarin akhirnya ditayangkan film anime terbaru dari sutradara terkenal Hosoda Mamoru, Ryuu to Sobakasu no Hime atau disebut juga sebagai Belle. Dan terlihat kalau film itu tampil membanggakan, dengan penayangan yang sukses meraup untung besar pada bioskop Jepang, dan juga mendapatkan pujian dan tepuk tangan yang lama pada penampilan film itu dalam Festival Film Cannes di Prancis.

Belle atau Ryuu to Sobakasu no Hime adalah film anime terbaru dari sutradara Hosoda Mamoru yang dibuat untuk merayakan anniversary 10 tahun dari studio Chizu yang didirikan oleh sang sutradara. Film tersebut berpusat pada sebuah dunia online raksasa bernama U, yang mengisahkan seorang gadis piatu bernama Suzu.

Dalam dunia online tersebut Suzu menemukan kembali semangat hidupnya dalam bernyanyi, yang sebelumnya hilang setelah ibunya meninggal. Disitu Suzu tampil memakai avatar dengan nama Belle dan nyanyiannya yang indah jadi sangat terkenal dan viral mendunia. Akan tetapi kemudian sosok Naga misterius muncul dihadapannya.

Film itu melibatkan berbagai nama menarik, seperti Jin Kim dari film Disney Frozen yang mendesain karakternya, dan Eric Wong seorang arsitektur asal London yang mendesain dunia U online. Dan jajaran nama cast juga ramai akan selebriti dan seiyuu profesional, dengan penyanyi muda Nakamura Kaho sebagai protagonis Suzu/Belle dan Sato Takeru sebagai sang naga misterius.

Film tersebut dirilis di bioskop Jepang pada tanggal 16 Juli, tapi debutnya jatuh tanggal 15 Juli dalam festival film Cannes di Prancis. Dan sekalian balik pada topik utama, seperti yang dikatakan diawal, Belle menunjukkan kesuksesan pada kedua penayangannya tersebut.

Penayangan di Jepang berhasil meraup untung sebesar 890 juta Yen dari 600.000-an tiket pada penayangan 3 hari pertamanya diakhir minggu kemarin. Membuat film tersebut mengalahkan adaptasi live-action Tokyo Revengers, menurunkannya ke posisi 2 dan membuat Belle merajai weekend box office Jepang akhir minggu lalu, dan jadi film Hosoda tersukses dengan opening weekend Belle mengalahkan pemasukkan film Bakemono no Ko.

Penayangan pada festival film Cannes Prancis menerima respon yang begitu positif, dengan menerima tepuk tangan meriah sampai selama 14 menit! Festival itu memang terkenal akan tepuk tangan yang lama, tapi Belle termasuknya jadi salah satu yang terlama dalam sejarah festival itu, dan menunjukkan betapa bagusnya film tersebut bagi penonton internasional.