Anime saat ini menjadi media yang mendunia, dan dalam pembuatannya bisa tak hanya melibatkan negara Jepang, dengan bahkan ada anime yang dibuat dengan kerjasama negara lain seperti Arab. Dan bahkan dalam film anime Jepang bisa saja dilibatkan staff dari luar Jepang, seperti pada film Belle dari sutradara anime terkenal Hosoda Mamoru yang dikabarkan baru-baru ini menggaet desainer beberapa film animasi Disney terkenal macam Frozen.

Belle atau Ryuu to Sobakasu no Hime adalah film anime terbaru dari sutradara Hosoda Mamoru yang dibuat untuk merayakan anniversary 10 tahun dari studio Chizu milik sang sutradara dan juga yang membuat film tersebut yang akan dirilis tahun 2021 ini. Film tersebut berpusat pada sebuah dunia online raksasa bernama U, mengisahkan seorang gadis piatu bernama Suzu.

Dalam dunia online tersebut Suzu menemukan kembali semangat hidupnya dalam bernyanyi yang sebelumnya hilang setelah ibunya meninggal. Ia memakai avatar bernama Belle dan nyanyiannya jadi terkenal dan mendunia. Tapi kemudian sosok Naga misterius muncul dihadapannya.

Sebelumnya dirilis visual karakter Suzu dan sang karakter naga misterius, dan baru-baru ini diberikan update berupa trailer baru lagi, memperlihatkan bagaimana Suzu tampil sebagai Belle dan memperjelas jadwal tayangnya pada bulan Juli. Dan sekalian balik ke topik utama, desain tersebut dibuat oleh Jin Kim, desainer berbagai film Disney terkenal macam Big Hero 6, Moana, dan Frozen.

Diceritakan juga bagaimana ia bisa terlibat, dengan Hosoda bertemu dengannya di Los Angeles saat film Mirai dapat nominasi Oscar. Keduanya telah lama saling menghormati karya satu sama lain, dan pada pertemuan itu mereka berjanji untuk bekerja dalam sebuah projek bersama suatu saat nanti, dan Belle menjadi projek tersebut.

Tapi tak hanya Jin Kim, karena diumumkan juga kalau arsitek dan desainer asal London bernama Eric Wong yang membuat gambar konsep dari dunia online U dimana ia diangkat oleh Hosoda untuk membangun U dari sudut pandang desain dan arsitektur.

Dan selain itu, studio Chizu juga mengumumkan untuk projek film Belle ini mereka melakukan kolaborasi dengan Tomm Moore dan Ross Stewart dari studio asal Irlandia Cartoon Saloon pembuat film animasi Wolfwalkers yang mendapatkan nominasi Oscar tahun ini.