Walau sudah hampir setahunan manga originalnya telah tamat, seri Gintama masih saja meriah dan dirasakan sampai sekarang. Mungkin itu juga karena pengumuman kalau masih ada dua projek anime Gintama baru, yang bakal tayang tahun 2021 nanti. Dan bicara soal anime itu, baru diberi update pada salah satunya, yaitu dengan dirilis teaser trailer unuk film anime Gintama baru, yang mengumumkan tanggal penayangannya.

Gintama berawal sebagai manga history sci-fi comedy buatan Sorachi Hideaki yang diserialisasikan dalam majalah manga Shonen JUMP yang pertama dimulai tahun 2003. Akan tetapi dikarenakan situasi “menarik” dari akhir manga Gintama, chapter akhir dan epilognya dirilis pada majalah manga Jump lain, Jump Giga, dan kemudian juga dirilis online via app Gintama.

Manga tersebut juga telah diadaptasi menjadi seri anime, yang pertama diproduksi oleh studio Sunrise yang tayang selama tahun 2006-2013 dengan beberapa break musiman berjumlah total 265 episode. Kemudian dibuat sequel yang tayang tahun 2015-2018 yang dibuat oleh Bandai Namco Pictures sebanyak 102 episode yang terbagi jadi beberapa cour.

Animanga Gintama juga memiliki beberapa movie, 2 berupa anime movie dan 2 adaptasi film live-action yang dibintangi Oguri Shun sebagai Gintoki, Suda Masaaki sebagai Shinpachi, Hashimoto Kanna sebagai Kagura. Dan selain itu diumumkan juga kalau ada 2 anime Gintama baru tahun 2021 nanti, sebuah film dan net anime pendamping film tersebut.

Dan kini baru diberi update untuk film tersebut berupa teaser trailer yang dirilis Warner Bros Japan. Teaser tersebut ditampilkan ala Gintama yang sudah tradisi, yaitu berbentuk gambar kaku dengan narasi para trio Yorozuya yang kocak dan sarkastik. Mereka mengkomentari situasi virus corona, mengatakan Gin-chan juga tak bisa kerja karena pandemik ini.

tapi ia tak begitu sedih karena itu berarti ia tak perlu akting berantem yang melelahkan. Setelah itu dirilis visual versi baru film Gintama dimana para Yorozuya pakai masker, kecuali Shinpachi, dia dah ada kacamata jadi ga perlu masker 😀 Dan setelah itu akhirannya mengumumkan kalau film Gintama akan ditayangkan di bioskop Jepang pada tanggal… 8 Januari 2021!

Wah lumayan awal ya, seminggu setelah tahun baru. Dikatakan juga kalau film itu benar-benar akan jadi finale dari anime Gintama, tapi yaa mengingat tamatnya manga Gintama dan popularitas seri itu, agak meragukan juga ya…