Festival Nasional No. 1 di Nara!! “Kasuga Wakamiya On-Matsuri”

Jidai Gyrotesu
Jidai Gyrotesu

Yoooo~ Akiba-kun dan Akiba-chan gimana kabarnya nih?? Udah masuk bulan desember ya.. Di Jepang sekarang lagi musim dingin nih, tapi tentunya musim dingin ga mengalahkan semangat orang jepang dan wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata di Jepang lho. Kira-kira bulan desember ada matsuri apa ya yang terkenal?? Salah satunya yaitu Kasuga Wakamiya On-matsuri. Kira-kira festival seperti apa nih ya??

Kasuga Wakamiya On-Matsuri
Kasuga Wakamiya On-Matsuri

M07_2944dvWebM05_6881dvWeb

Festival Kasuga Wakamiya Onmatsuri diadakan pada tanggal 15-18 Desember, di Kuil Kasuga Wakamiya, Kota Nara. Ohya festival ini juga ditunjuk sebagai salah satu Aset Budaya Penting Negara. Yang khas dari acara tahunan terbesar di Prefektur Nara ini adalah orang-orang berpakaian seperti Samurai beserta baju besi dan berbagai macam kostum lokal di jaman Heian atau abad ke-12. Tidak hanya itu, bermacam-macam tarian Shinto dan pertunjukan musik lokal juga ditampilkan dalam festival ini.

Festival in Nara
Festival in Nara

Festival ini awalnya diadakan agar panen semakin baik dan dihindarkan dari segala keburukan. Tentu saja sangat menarik minat wisatawan dalam negeri dan luar negeri. Meskipun berlangsung selama 4 hari berturut-turut, puncak acara ini adalah pada tanggal 17 desember dimana di hari tersebut terdapat pertunjukan Kagura dan Bugaku. Ehh?? apa tuh Kagura dan Bugaku? Kagura merupakan musik yang didedikasikan untuk para dewa, sedangkan Bugaku adalah pertunjukan musik dan tarian tradisional yang dahulunya hanya dipertontonkan pada orang-orang elit kekaisaran. Wuihh, hebat kan? di festival ini kalian bisa melihat semua jenis pertunjukan tradisional yang sangat jarang kita lihat sehari-hari.

Kagura
Kagura
Bugaku
Bugaku
anak-anak berkostum samurai
anak-anak berkostum samurai

Pada tanggal 17 di siang hari, akan ada Jidai Gyrotesu dimana kebiasaan setiap era ditunjukkan lewat fashion satu per satunya. Jadi, kalian bisa menikmati bagaimana perubahan fashion dari jaman Heian hingga jaman Edo. Menarik kannnn???

Jidai Gyrotesu
Jidai Gyrotesu

Festival ini terus dilakukan hingga sekarang tentu saja memiliki arti penting bagi seluruh lapisan masyarakat. Walaupun Jepang sebagai negara maju dan modern akan tetapi kewajiban sebagai warga negara untuk terus menjaga kekayaan budaya Jepang yang berharga. Akiba-kun dan Akiba-chan tertarik untuk datang ke Festival ini ??? 😀

on matsuri


Informasi lengkap silahkan klik :  http://www.kasugataisha.or.jp/onmatsuri/index.html