Halo para Akiba-chan dan Akiba-kei. Sekarang kita sudah mendekati akhir minggu kedua bulan Agustus. Dan semakin hari kita semakin dekat dengan perayaan umur 71 dari 17an, Kemerdekaan Indonesia. Mungkin kalau pergi ke berbagai mall di Indonesia, seperti Citraland atau Central Park, sudah penuh bendera merah putih atau stand makanan tradisional Indonesia. Indonesia Food Festival bertebaran, menggoda dompet dan usus. Tapi ternyata, ini juga terjadi di Jepang loh.

Bagi para pembaca yang akan pergi ke Jepang atau sekarang ada di Jepang, bulan ini akan diadakan event besar-besaran bernama Indonesian Culinary Festival 2016 di negara Jepang. Event yang akan menyajikan berbagai kuliner tradisional Indonesia di negeri Sakura itu. Kan kurang ya kalau Jepang tahu rasa makanan kita hanya dari bumbu mie instan hehehe. Dan event besar ini tidak hanya akan dirayakan pada satu lokasi, tapi secara serentak dirayakan dalam tujuh belas lokasi di Jepang! Mulai dari Ibukota, Tokyo, sampai salah satu lokasi bom nuklir, Hiroshima, sampai kota tempat kita memenangkan WCS 2016 kemarin, Nagoya.

indofest2016

Event Indonesian Culinary Festival ini adalah hasil kerja sama dari Rumah Budaya Indonesia (RBI) dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo dan juga dengan Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang (PPIJP). Karena tanggal 17 ini adalah hari rabu, perayaanya sedikit diundur menjadi weekend, pada tanggal 20 Agustus, dan berdurasi delapan jam. Dalam event ini, akan disajikan jumlah total empat puluh lima hidangan khas Indonesia. Sedaaapp

Festival ini tapi bukan hanya makan makanan Indonesia, juga ada lomba masak memasak loh. Seperti lomba Nasi Tumpeng untuk event di Shizuoka. Dan selain itu, juga ada hal-hal lainnya. Seperti pertunjukan tarian tradisional, movie Indonesia, dan games tradisional 17an. Seperti tarik tambang dan balap kelereng. Bahkan bisa mendaki gunung Fuji!

indofest2016 kagawa

indofest2016 ibaraki

indofest2016 kagamiyama

Dan sedikit trivia sejarah, apa ada yang sudah bisa menerka atau menebak koneksi nomor-nomor dalam event ini? Semuanya terhubung dengan hari Kemerdekaan Indonesia loh. Mau tahu apa koneksinya?

Indonesia merdeka pada tanggal 17 bulan 8 tahun 1945. Dan Indonesian Culinari Festival 2016 ini akan dilaksanakan dalam 17 lokasi selama 8 jam berisikan 45 menu makanan Indonesia. Keren sekali ya 😀 Untuk para pembaca yang akan pergi atau sedang di Jepang sana, silahkan datang dan nikmati event ini ya. Kita perlihatkan kelezatan budaya Nusantara ini 😉