Kalau mendengar kata butler, dan maid, apa yang Akiba-chan dan Akiba-kei pikirkan? Makhluk-makhluk tampan atau moe yang memakai baju formal atau lacey dress dengan apron yang lucu? Kita tidak hanya menikmati makanan, tetapi juga service yang mereka sediakan.

Butler adalah ‘senior male servant’ yang bekerja di sebuah kerumahtanggaan. Mereka diperlukan terutama di Inggris Raya maupun Eropa untuk bangsawan yang memiliki mansion maupun kastil. Tugasnya mengatur para pelayan dan keseluruhan rumah, mengurus silverware sampai menemani tuannya untuk berpergian. Seorang butler adalah penanggung jawab utama, seringkali menjadi tangan kanan tuannya. Tidak ada ketentuan khusus, tergantung kebijakan yang diberlakukan di tempatnya bekerja, umumnya berupa kemeja dilengkapi tuxedo atau vest, dan beberapa juga memakai sarung tangan. Sekarang pun mereka sudah memiliki sekolah khusus untuk pekerjaan ini.

Sedangkan untuk maid biasanya disebut juga dengan ‘maidservant’. Pakaian mereka berupa dress sederhana yang panjangnya di bawah lutut dan apron putih. Mereka bekerja di bawah perintah atau pengawasan butler maupun senior maid yang setara dengan butler.

Uniknya, pada jaman dahulu, maid biasa diasosiasikan dengan virgin. Mereka diharapkan untuk tidak menikah, bahkan butler yang merupakan jabatan tertinggi dan kepercayaan tuannya dapat dipecat jika ketahuan sudah menikah. Hmm, lumayan strict juga ya? Mimin berpikir mungkin ada kaitannya dengan dedikasi mereka dalam menjalankan tugas mereka yang lumayan berat. Jika mereka menikah dan berkeluarga, pasti konsentrasi dan waktu mereka harus dibagi antara pekerjaan mereka.

Sekarang kita masuk pada butler dan maid café di negeri sakura. Service yang mereka berikan adalah bagaimana customer dijadikan seorang ‘tuan’ maupun ‘lady’ di dalam café tersebut. Mulai dari nama panggilan, hingga sikap mereka yang menomorsatukan customer.

Café ini menjamur di di kota-kota besar, dan berpusat di Akibahara. Seperti yang kita ketahui, Akihabara adalah surganya anime dan pop culture Jepang. Umumnya maid atau butler dari café tersebut memberikan selebaran dan promosi di jalan-jalan. Banyak juga variasi tema café mulai dari bertema kingdom, idol bahkan untuk para pecinta karakter perempuan tsundere. Tentu saja dekorasi dan tata cara pelayanan menyesuaikan dengan tema mereka.

retina_imasia_13923576_S
Akihabara, distrik Japanese pop culture

Memiliki absolute rules yang sama, tidak boleh melakukan skinship dengan maid atau butler, tidak boleh membawa barang berbahaya dan makanan maupun minuman dari luar, tidak boleh mengambil foto tanpa izin, dapat mengambil foto dengan butler atau maid dengan charge yang tentukan, dan yang paling utama harus bersikap sopan, jika tidak kemungkinan besar akan dikeluarkan dari café atau masuk ke dalam blacklist. Ingat, café ini memfasilitasi kita untuk mendapatkan pengalaman yang tidak bisa kita dapatkan dalam kehidupan normal, jadi hargailah butler maupun maid yang ada, mereka juga manusia.

Butler-Café-Shibuya-avec-les-princesses-butler-roses

Merupakan pop up café, menyediakan souvenir berupa pin atau poster dari karakter anime atau butler dan maid yang ada di dalam café itu sendiri. Gunanya apalagi kalau bukan untuk memanjakan costumer dan menuai hasil yang lebih dari sekedar service. Yuk sekarang kita cek tema café yang sudah bermunculan sekarang.

Reguler Maid and Butler café

Terdiri dari campuran butler dan maid sehingga customer mereka dapat bervariasi dan sangat cocok untuk pemula. Service mereka tidak terlalu berfokus pada unsur flirting. Beberapa café kadang menyediakan game yang dapat dimainkan bersama contohnya permainan kata hingga kartu. Sistem pemilihan butler atau maid sesuai dengan kebijakan café, yaitu sistem booking melalui email atau on the spot.

Butler and Maid

butler

Maid Only or Butler Only

Café ini benar-benar hanya memiliki maid atau butler. Tentu saja costumer mereka lebih dikhususkan, untuk maid café bagi laki-laki, dan butler bagi perempuan. Service bisa termasuk menyanyi atau bermain game bersama, Karena mereka sudah difokuskan pada gender tertentu, biasanya mereka juga sudah menyediakan kata-kata rayuan maut yang dapat meluluhkan hati lawan jenis baik dengan sifat mereka yang elegant maupun malu-malu. Karakter mereka pun bisa lebih bervariasi daripada versi reguler mereka, ada yang kuudere, tsundere, dere-dere, bahkan yandere.

Butler

Anime and Cosplay

Di sini maid dan butler ber-cosplay dengan tema yang sudah ditentukan. Misalnya bertema Love Live. Poin plusnya tentu saja kita dapat menemui karakter yang kita sukai di dunia nyata. Service mereka sama seperti tema sebelumnya, tapi dengan menggunakan sifat karakter yang mereka perankan. Customer tidak akan kecewa karena pendalaman karakter mereka membuat idola customer menjadi lebih hidup.

395102_312418775534117_917562651_n

Otome Game

Nah ini nih favorit mimin. Para butler memiliki karakter tertentu dari awal yang diatur menyerupai visual novel game. Tema ini berfokus pada costumer wanita yang ingin merasakan pengalaman menemui para ikemen seperti dalam game di dunia nyata. Mereka mempunyai subtema sendiri misalnya untuk tema Halloween ada magic time, di mana para butler tiba-tiba akan berubah kepribadian ke karakter lain saat meminum eliksir tertentu. Pokoknya tema ini merupakan tema yang memiliki surprise lebih di tiap kehadirannya. Saran mimin sih siapkan hati, pikiran, dan kantong kalian ya. Di sini service mereka bisa membuat customer klepek-klepek.

 

Royal Kingdom

Kalian bisa bertemu prince charming dan princess kalian di kehidupan nyata. Tema café ini sangat elegant dan table manner benar-benar diperlukan, lebih daripada tema lainnya. Kita bisa merasakan suasana high class dan dapat juga merasakan bagaimana menjadi bangsawan sesungguhnya.

Nah sekian penjelasan mengenai butler dan maid café, sebenarnya masih ada idol café, tapi mimin baru melihat poster audisinya dan mereka masih dalam proses jadi kita tunggu saja ya kehadirannya dalam meramaikan variasi café ini. Sekarang siapkan hati, kantong dan penampilan terbaik kalian, ayo kita datang ke butler dan maid café!