Setelah kemarin-kemarin seri Fate umumkan sebuah project konsol baru yaitu Fate/EXTELLA, Kali ini tampaknya TYPE-MOON ingin menghidupkan kembali kejayaannya “Extra” yang juga menseriusi “Heaven’s Feel” yang kembali gemparkan para peminat dan penggemarnya dengan menghadirkan film layar lebar yang memang gak nanggung-nanggung!

Dalam gelaran acara Anime Japan 2016, Fate memberi pengumuman tentang project anime baru yang di angkat dari seri Extra yang akan bertajuk “Fate/Extra Last Encore”. Anime ini kelihatannya akan menjadi kelanjutan dari Fate/Extra dengan ditampilkannya Red Saber dari game PSP Fate/Extra terdahulu. Tapi, masih belum diketahui apakah project ini akan jadi adaptasi dari gamenya atau sekuel atau spin-off atau yang lainnya. Anime baru Fate/Extra ini diberitahukan bahwa akan diproduksi oleh studio SHAFT. Wajar saja, mengingat ufotable bakalan sangat sibuk mempersiapkan tahun depan dengan Touken Ranbu dan project yang lainnya. Dan TYPE-MOON mengatakan bahwa “Heaven’s Feel” akan dibuat menjadi 3 film anime layar lebar. “Fate/Extra Last Encore” dan film pertama “Heaven’s Feel” ini sudah dijadwalkan untuk tayang pada tahun 2017 nanti. Tahun ini TYPE-MOON break dari dunia anime setelah hadirnya “Unlimited Blade Works”.

Fate/Extra merupakan bagian dari franchise Fate/stay night yang di peruntukan bagi konsol Playstation Portable. Mengetengahkan pertempuran Holy Grail di dalam sebuah dunia yang memang benar-benar baru. Setting yang dipakai disini adalah sebuah dunia yang disebut SERAPH atau Serial Phantasm. Si Player memilih satu dari tiga kategori Servant yang ada yaitu Saber, Archer, Caster dan juga akan menjadi salah satu dari 128 penyihir yang memperebutkan Holy Grail.

Berawal dari kehidupan yang terlihat biasa dan membosankan yang ternyata adalah sebuah kepalsuan. Tokoh utama (tidak ada nama default) menyadari hal ini secara kebetulan, dan menemukan dirinya telah berada di dalam tengah-tengah pertumpahan darah. Ketidak tahuan membawa kematian, namun sebuah keinginan sederhana yaitu ‘tidak ingin mati’ berhasil memanggil roh pahlawan yang kemudian membawa sang tokoh utama untuk menjadi salah satu Master dari pertempuran Holy Grail tersebut.