Tahun 2020 membawakan berbagai perayaan bagi seri Fate. Visual novel originalnya kini melampaui umur 15 tahun, game Fate/Grand Order menginjak umur 5 tahun, dan baru-baru ini salah satu bagian seri Fate juga mendapatkan sebuah pencapaian umur, dengan game Fate Extra kini telah menginjak umur 10 tahun! Dan hal tersebut dirayakan dengan beberapa pengumuman mantap melalui sebuah acara livestream.

Acara livestream perayaan 10 tahun game Fate/Extra tersebut dibuka dengan pengumuman yang mengejutkan dan menggembirakan. Yaitu berupa projek remake dari game Fate/Extra itu sendiri! Yang diberi judul Fate/Extra Record, untuk dimainkan dalam konsol generasi saat ini, yang dikembangkan oleh Studio BB dan disutradai oleh Niinou Kazuya.

Game Fate/Extra original pertama dirilis untuk PSP, dan tak diberi kejelasan apakah itu berarti remake tersebut akan dirilis untuk PS4 atau PS5 atau lain-lain lagi, tapi Niinou mengatakan kalau ia ingin mencapai jumlah pemain yang luas.

Remake tersebut dikatakan telah dikembangkan selama setengah tahunan, dan Niinou juga mengatakan ia ingin membuat remake dari sequel game itu juga, Fate/Extra CCC, tapi belum ada keputusan. Dan mengatakan adanya elemen yang lebih mature pada konten game itu membuatnya berpikir bagaimana jika game itu dirilis pada jaman ini.

Video gameplay remake tersebut juga diperlihatkan, dengan sistem gameplay yang dirombak, dimana sebelumnya berupa game macam suit kini jadi seperti deck building, dan adanya tambahan monster baru. Dan semua adegan dari game originalnya pasti dibawa lagi, dan protagonis Hakuno kini bisa bicara dengan pilihan gender lelaki dan perempuan, tapi bisa juga dimatikan suaranya.

Selain itu, Type-Moon juga akan rilis box set spesial limited edition game Fate/Extella, yang merupakan kelanjutan Fate/Extra. Box set tersebut berisikan game Extella dan Extella LINK dengan pilihan versi PS4 atau Switch. Dan yang kece, adalah bonus Tamagotchi! Dimana player bisa memilih merawat satu dari 30 Servant Fate Extella, tentu termasuk PADORU PADORU UMU 😀

Dannn tak hanya itu, karena diumumkan kabar hebat lain kalau game Fate/Extella dan Extella Link juga kini telah dirilis untuk dimainkan di… mobile! Yup, jadi dua game konsol itu bisa dimainkan juga di Android atau iOs, yang masing-masing dijual seharga 2.440 Yen. Tapi sedikit catatan kalau mobile port itu hanya ada dalam bahasa Jepang.