Fans bisa memberikan berbagai hal yang positif kepada seri yang mereka sukai, seperti fanart dan cosplay yang keren, atau hal kreatif lainnya. Tapi kadang mereka bisa juga memberikan sesuatu yang lebih bagus lagi, seperti fans anime Ano Hana yang membantu membersihkan jembatan Chichibu. Dan baru-baru ini ada kabar semacam itu dari fans TouRan, yang membantu pemulihan dari pedang katana Ishikirimaru.

Mungkin ada yang merasa sudah pernah dengar kabar ini. Itu karena ini bukan katana pertama yang dibantu oleh para fans Touken Ranbu. Dengan tahun 2017 lalu, katana Hotarumaru dan tantou Yagen Toushiro yang menghilang ditelan sejarah, dapat lahir kembali dan jadi nyata untuk diperlihatkan pada generasi masa kini berkat bantuan mereka.

Tapi mari kita kembali ke Ishikirimaru. Pedang tersebut saat ini disemayamkan dalam kuil Shinto Ishikiri Tsurugiya yang terletak di Osaka. Sesuai dengan namanya, menurut legenda dari kuil itu, Ishikirimaru dipercaya dapat membelah batu.

Dalam game Touken Ranbu, Ishikirimaru adalah pedang tipe Oodachi, dan jika dimaksimalkan, bisa memiliki stat Impact yang tertinggi diantara semua pedang. Karena sikap dan kepribadiannya, beberapa fans memberikannya nickname Papa.

Dan mulai dari tanggal 26 Maret kemarin, dibuka halaman crowdfunding melalui website Campfire. Dimana dikumpulkan biaya untuk melakukan perbaikan dari pedang Ishikirimaru asli, yang diberi nama Ishikiri Project. Tentu para fans Touken Ranbu beraksi.

Dan reaksinya begitu besar, dengan dalam dua jam, sudah terkumpul dana sebesar 5 jutaan Yen, 50 persen dari goal sebesar 10 juta Yen! Dan saat ini, dana tersebut tak hanya telah terkumpul 100%, tapi bahkan telah mencapai 404%!!

Dengan terkumpulnya dana yang dibutuhkan, pedang itu dapat diperbaiki, dan telah diumumkan perbaikan itu akan dilakukan oleh pandai besi pedang ternama Kawachi Kunihira, yang sudah berpengalaman memperbaiki pedang antik.

Sementara itu, karakter Ishikirimaru Touken Ranbu itu sendiri juga ikut tampil membantu mempromosikan projek ini, dimana ia dipajangkan dalam departemen store Daimaru Umeda yang terletak di Osaka.