Saat kita menjadi pengunjung, sudah seharusnya kita menghormati lokasi yang kita kunjungi. Akan tetapi sayangnya hal tersebut tak selalu dilakukan. Dan masalah yang terjadi karena hal tersebut dapat terjadi dimanapun, baik disini dan juga di Jepang. Contohnya sudah ada pada kota Kyoto yang hutan bambunya dirusak turis, dan kali ini ada yang baru, dengan pekerjaan warga Ehime terganggu karena kedatangan fans Spirited Away Ghibli.

Mungkin hampir tak ada yang tak tahu anime tersebut. Spirited Away atau Sen to Chihiro no Kamikakushi bisa dibilang merupakan film anime terbaik buatan Studio Ghibli. Menjadi satu-satunya anime yang berhasil memenangkan Best Animated Feature Film di Oscar Academy Award.

Ada banyak visual yang mengagumkan dalam anime tersebut, tapi yang jadi fokus dalam kabar ini, adalah bagian kereta yang dinaiki oleh Shihiro dan No Face. Kereta tersebut memiliki rel yang ada tepat dibawah permukaan air, yang terlihat pada adegan setelah Chihiro turun dari kereta.

Dan ternyata ada tempat nyata yang memiliki penampilan serupa dengan adegan itu. Sebuah tempat perbaikan kapal di Prefektur Ehime, dekat stasiun Shimonada. Mengenai kenapa bisa ada rel kereta dibawah air seperti itu disitu, adalah karena rel itu dipakai untuk memindahkan, bukan kereta, tapi kapal, untuk diperbaiki disitu.

Nah tapi masalahnya seperti yang telah dikatakan, tempat perbaikan kapal itu kerepotan karena kedatangan para turis, yang parahnya tak mengikuti aturan. Menurut seorang wanita lokal yang bekerja pada bidang perbaikan kapal bernama Wakamatsu Tomoko.

Ia membuat post yang menjelaskan situasinya dan minta netizen menyebarkannya. Ia mengatakan kalau bisnis perbaikan kapal disitu jadi kerepotan karena perlu menghadapi sampai 100 turis yang suka datang kesitu, yang mayoritas melanggar peringatan dilarang masuk area itu untuk mengambil foto rel tersebut, dan kadang malah buang sampah sembarangan juga disitu.

Yang lebih tak mengenakkan lagi, walau serupa ternyata itu adalah unofficial anime pilgrimage. Wakamatsu mengatakan rel tersebut tak pernah dipakai sebagai model atau inspirasi apapun, jadi mungkin kebetulan saja berpenampilan serupa dengan pemandangan film Spirited Away. Tapi fans tetap saja memberikan hashtag Spirited Away setelah mengambil foto rel itu di sosmed, yang berpotensi membuat makin banyak pengunjung berdatangan.