Tempat-tempat yang muncul dalam dunia fiksi bisa berasal dari lokasi asli. Dunia animanga tentu juga, dan hal tersebut bisa menguntungkan lokasi aslinya dengan dijadikan tempat anime Pilgrimage. Tapi kadang tempat luar Jepang juga bisa, seperti hotel Australia di anime Free, atau dalam kabar ini, Einzbern Castle yang ditinggali Illyasviel di Fate/Stay Night, yang dikunjungi fans Fate yang juga bermalam dalam kastil itu!

Fans tersebut bernama Kazupi dan baru-baru ini ia membagikan pengalamannya berkunjung ke kastil tersebut melalui Twitter. Kastil bersejarah tersebut adalah Chateau de Brissac yang terletak di Prancis yang telah berdiri sejak Abad 11 dan sebelumnya dimiliki oleh keluarga Cossec Brissac dan kini telah menjadi salah satu monumen sejarah negara Prancis.

Tapi sedikit catatan, walau memang kastil itu menjadi basis dari Einzbern Castle, ada beberapa perbedaan juga antara yang asli dan fiksi, seperti pada lokasinya dimana Einzbern Castle tidak berlokasi di Prancis. Dan meski Chateau de Brissac yang menjadi inspirasi desain bagian luarnya, Einzbern Castle juga mengambil elemen dari beberapa kastil nyata lainnya. Seperti Kastil Neuschwanstein di Jerman dan Chatsworth House di Inggris, dan lain-lain lagi.

Tapi tetap saja, dari luar memang terlihat kalau Chateau de Brissac tampil sangat mirip dengan rumah keluarga Einzbern, terutama dalam warna dan teksturnya, dan dengan tawaran seru dimana pengunjung tak hanya bisa melakukan tur tapi juga disediakan kamar untuk bermalam. Fitur yang memang lumayan banyak diberikan dalam berbagai kastil di Eropa.

Kazupi mengatakan kalau pemilik kastil itu menyambutnya dengan baik, dan bahkan memperbolehkannya mengambil foto cosplay dan aerial disitu. Dan timing kazupi juga sangat bagus karena ini juga bertepatan dengan anniversary 15 tahun visual novel Fate/Stay Night.

Dikatakan kalau biayanya bermalam disitu adalah sebesar 390 Euro dengan kazupi menghabiskan 46.000 Yen atau sekitar 6 juta Rupiah. Untuk tur saja harganya lebih murah sebesar 10 Euro atau 155.000 Rupiah. Adakah yang minat mencoba berkunjung kesitu juga untuk nge-gacha summon Ba~sa~ka~? 😀