Fans, baik itu dalam karya apapun, bisa memberikan suatu dampak yang positif. Kita telah melihat beberapa contoh itu dari fans seri Touken Ranbu, yang giat membantu kelangsungan seni Katana kuno. Dan sekarang kita mendapatkan kabar seperti itu lagi, dari seri lain lagi. Dari sebuah anime berjudul Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai atau Anohana. Dimana para Fans Anohana bantu bersihkan Jembatan Chichibu di Prefektur Saitama.

Tapi kenapa mereka melakukannya disitu? Itu karena jembatan kota Chichibu tersebut memiliki banyak peran dalam seri anime Anohana. Contohnya dengan jadi background keren di salah satu poster visual animenya.

Dan tak hanya itu, Jembatan tersebut juga sampai muncul di opening animenya, dan beberapa adegan animenya juga ada yang dilakukan di Jembatan itu. Dan karena peran yang dalam tersebut, kota dan jembatan itu telah dijadikan salah satu lokasi untuk Anime Pilgrimage para fans anime.

Kita telah melihat Anime Pilgrimage membawa banyak keuntungan pada kota dimana Pilgrimage itu berada. Contohnya di Kota Hida, yang berkat anime Kimi no Na wa, jadi kebanjiran turis fans anime mahakarya Shinkai Makoto tersebut. Dan itu membuat kota Hida berhasil meraup keuntungan sampai milyaran Yen.

Untuk Kota Chichibu, keuntungannya muncul dalam bentuk lain lagi. Saat Kota Chichibu mengadakan event kebersihan akan Jembatan Chichibu diakhir minggu lalu, yang telah dikotori coret-coretan vandalism, sampah, dan rumput liar, para fans Anohana menjawabnya.

Ada sekitar 30 fans anime, baik yang lokal maupun dari luar kota tersebut, yang menjawab undangan event kebersihan itu, yang dirilis melalu Twitter. Mereka membantu mengecat ulang bagian tembok di Jembatan yang dicoret-coret. Dan juga mengumpulkan sampah dan memotong rumput-rumput liar.

Bahkan teriknya matahari saat event kebersihan itu dilakukan tetap dihadapi oleh mereka. Dan perlu diingat kalau ini saat musim panas di Jepang. Beberapa murid dari sekolah lokal juga ikut berpartisipasi. Mereka merasa senang dapat membantu kota Chichibu yang mereka tinggali menjadi tempat yang dapat dikunjungi para fans anime.

jembatan chichibu